Dongkrak Pariwisata Kemenhub Perbanyak Slot Penerbangan Domestik

Kompas.com - 19/02/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi kabin pesawat SHUTTERSTOCKIlustrasi kabin pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membuka slot penerbangan domestik lebih banyak guna mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia akibat virus Corona.

"Intinya, soal seat capacity, perhubungan udara siap 100 persen membuka slot," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Menurut Novie, memperbanyak slot penerbangan domestik tersebut merupakan strategi, selama virus corona masih mewabah di negara lain. Apalagi pada 5 Februari 2020, Pemerintah Indonesia juga telah mengimbau kepada maskapai agar tidak melayani penerbangan dari dan ke China untuk sementara waktu.

"( Slot penerbangan dibuka) di mana-mana saja, terutama di lima titik destinasi seperti Bali, Yogyakarta, dan di mana-mana," katanya.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Garuda Indonesia Masih Layani Penerbangan Singapura

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, pemberian stimulus untuk mendorong sektor pariwisata akan ditetapkan pekan ini.

"Pemberian insentif ini ke seluruh industri pariwisata, tidak hanya maskapai saja," ujar Wishnutama seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, (17/2/2020).

Wishnutama melanjutkan, pihaknya akan koordinasi dengan kementerian terkait, sehingga diskon yang diberikan efektif dan memberikan dampak pariwisata serta menggerakan pariwisata nusantara.

Wishnutama menjelaskan, besaran perhitungan diskon masih belum ditetapkan, namun antara 25-30 persen ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia, seperti Bali, Likupang, Sulawesi Utara, Bintan, Batam, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, dan destinasi wisata lainnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X