KILAS

Wamendag Jerry Sambuaga Sukses Ajak Komisioner Uni Eropa Percepat Penyelesaian Indonesia EU CEPA

Kompas.com - 19/02/2020, 20:30 WIB
Wamendag, Dr Jerry Sambuaga bertemu dengan Komisioner Uni Eropa Bidang Perdagangan, Phil Hogan sepakati percepatan penyelesaian Indonesia EU CEPA tahun ini.
DOK. Humas Kementerian PerdaganganWamendag, Dr Jerry Sambuaga bertemu dengan Komisioner Uni Eropa Bidang Perdagangan, Phil Hogan sepakati percepatan penyelesaian Indonesia EU CEPA tahun ini.

KOMPAS.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, sudah saatnya Indonesia memperkuat kehadirannya di panggung perdagangan dunia.

“Produk-produk, baik barang atau jasa harus didorong agar mendapatkan akses yang lebih besar di pasar internasional,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu, (19/2/2020).

Terlebih, imbuh dia, disetujuinya proposal Indonesia oleh Komisi Perdagangan Eropa mencerminkan pentingnya peran perdagangan indonesia.

“Kesepakatan ini akan menjadi jalan untuk mewujudkan kepentingan indonesia di dunia perdagangan internasional, khususnya di Uni Eropa," ujarnya.

Baca juga: Wamendag Jerry Sambuaga Dalami Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Uni Eropa

Pernyataan itu Jerry sampaikan sehubungan dengan perkembangan positif proposal diplomasi perdagangan Indonesia setelah menemui Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Selasa (18/2/2020).

Dalam pertemuan itu, Indonesia diwakili Wamendag didampingi Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa, Yuri Thamrin, serta Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Pertanian, Musdhalifah Machmud.

Agenda utama dalam pertemuan itu adalah pembahasan isu strategis perdagangan, termasuk upaya percepatan perundingan Indonesia-EU CEPA.

Jerry menjelaskan, pertemuan tersebut penting bagi Indonesia dan Uni Eropa berkaitan dengan ketidakpastian iklim ekonomi akibat politik populis dan pengaruh Brexit.

Baca juga: Kemendag Mulai Perketat Pengawasan Tata Niaga Impor

Dalam pertemuan itu, tercapai komitmen yang sama antara Indonesia dan Uni Eropa untuk merampungkan negosiasi CEPA.

Indonesia mengajukan proposal agar perundingan dapat selesai tahun ini dan dapat membawa dampak positif bagi kalangan usaha dan konsumen dari kedua belah pihak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X