Airbus Bakal Pangkas 2.300 Karyawan?

Kompas.com - 20/02/2020, 13:20 WIB
Airbus A350-900. AirbusAirbus A350-900.

PARIS, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat Airbus, berencana bakal memangkas lebih dari 2.300 karyawan di divisi Defence and Space.

Pabrikan pesawat asal Eropa menyebut, Divisi Airbus Defence and Space telah melakukan konsultasi dengan dewan pekerja eropa mengenai rencana pemangkasan.

Dikutip dari Reuters, Kamis (20/2/2020), pemangkasan sekitar 2.362 posisi diprediksi bakal dilakukan secara bertahap hingga tahun 2021 mendatang.

Airbus Defense and Space melalui sebuah pernyataan menyatakan, pemangkasan bakal dilakukan di beberapa negara, mulai 829 posisi di Jerman, 357 posisi di Inggris, 630 posisi di Spanyol, 404 posisi di Perancis, dan 141 di negara lainnya.

Baca juga: Perang Dagang AS Eropa, AS Kenakan Tarif Impor 15 Persen untuk Airbus

Sementara itu, Kepala Bisnis Airbus Defense and Space  Dirk Hoke mengatakan, perundingan soal pemangkasan karyawan bakal dimulai dengan perwakilan tenaga kerja, termasuk dengan tenaga kerja yang bermarkas di Jerman.

Masalah di divisi yang menangani mileter ini bermula saat terjadinya problem teknis yang berulang dengan pesawat militer tipe A400M-nya.

Masalah teknis tersebut membuat pasukan angkatan udara Jerman menolak pengiriman 2 pesawat baru pada musim gugur lalu.

Dirk Hoke menyebut, pihaknya juga kehilangan pelanggan potensial seiring dengan larangan Jerman untuk ekspor ke Arab Saudi.

Airbus Defense and Space dibentuk pada tahun 2014 sebagai bagian dari restrukturisasi yang lebih luas. Saat itu Airbus mampu mempekerjakan 34.000 staf, dengan 13.000 karyawan ditempatkan di Jerman.

Airbus Defense and Space memberikan sekitar seperlima kontribusi pendapatan Airbus.

Baca juga: Saham AirAsia Jatuh Usai Dituduh Terima Suap dari Airbus



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X