Dampak Virus Corona, Pembiayaan ke Sektor Pariwisata Bisa Terganggu

Kompas.com - 20/02/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui, penyebaran virus corona akan berdampak terhadap program pembiayaan sektor pariwisata nasional.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Pembiayaan OJK Indra mengatakan, pariwisata merupakan salah sektor prioritas yang ingin dikembangkan pemerintah. Oleh karenanya, perusahaan pembiayaan memiliki peluang besar dalam sektor ini.

"Melihat kebutuhannya kalau dari akses kami sebetulnya dari peluang bisnis pariwisata, sebetulnya kegiatan usaha bisa bersinergi dengan transportasi dan pembiayaan perhotelan," ujar dia di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Baca juga: Kredit Kendaraan Bermotor Bisa Terdampak Virus Corona

Kendati demikian, Indra menambah, potensi tersebut berpotensi terancam dengan adanya isu mengenai wabah virus corona.

Pasalnya, penyebaran virus corona telah berdampak negatif terhadap sektor pariwisata nasional. Hal ini diakibatkan merosotnya jumlah wisatawan mancanegara asal China.

"Tahun ini akan berat dengan isu corona karena pariwisata pasti akan terkena dampaknya cukup signifikan. Dan kemarin di internal sedang dilakukan diskusi untuk kelanjutan program pembiayaan pariwisata," tutur dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah melakukan pembahasan, OJK optimis bahwa pembiayaan terhadap sektor pariwisata akan mengalami perbaikan pasca kuartal I 2020.

Baca juga: Pasokan Onderdil Terganggu Gara-gara Virus Corona, Direktur Astra: Kalau Mau Beli Mobil, Sekarang...

Indra optimistis tekanan terhadap sektor pariwisata dari virus corona akan segera merada, sehingga sektor pariwisata kembali mengalami pertumbuhan.

"Karena isu-isu corona ini bisa terselesaikan dan industri bisnis mulai bisa tumbuh," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.