BI Turunkan Suku Bunga, Rupiah Ditutup Melemah

Kompas.com - 20/02/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (20/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.750 per dollar AS. Rupiah melemah 55 poin sebesar 0,40 persen dibanding penutupan Rabu Rp 13.695 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah terdorong sentimen kebijakan Bank Indonesia yang melakukan kebijakan menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Repo Rate.

"Bank Indonesia memaparkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) dan memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days RR menjadi 4,75 persen," kata Ibrahim.

Baca juga: Tunggu China Beri Stimulus Atasi Perlambatan Ekonomi, Rupiah Dibuka Melemah

Dalam RDG Bank Indonesia, BI memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen.

Selain itu, BI juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen.

Ini dilakukan untuk mempertahankan kebijakan moneter agar tetap akomodatif dan konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali.

"Ini juga sebagai antisipasi untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah tertahannya prospek pemulihan ekonomi global sehubungan dengan terjadinya penyebaran virus corona," terang Ibrahim.

Baca juga: Investor Pantau Dampak Corona, Rupiah Melemah Tipis

Dari sisi eksternal, Ibrahim menyebut risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve AS menunjukkan indikasi The Fed akan mempertahankan suku bunganya.

Bank sentral China juga menerapkan kebijakan menurunkan suku bunga pinjaman satu tahun (LPR) sebesar 10 basis poin menjadi 4,05 persen dari 4,15 persen pada penetapan bulanan sebelumnya.

Untuk LPR lima tahun diturunkan sebesar 5 basis poin menjadi 4,75 persen dari yang sebelumnya 4,80 persen.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X