Ingin Sukses Seperti Jack Ma dan Bill Gates? Tidur 8 Jam Sehari

Kompas.com - 21/02/2020, 07:12 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)

NEW YORK, KOMPAS.com - Kisah sukses para pengusaha dan miliarder dunia selalu menarik untuk ditelisik. Ini termasuk pola tidur mereka.

Sejumlah orang sukses, dari CEO Apple hingga penyanyi legendaris Dolly Parton menyebut bahwa bangun pagi adalah kunci sukses menjalani hari.

Namun, kalau soal produktivitas, kesuksesan, dan kesuksesan, tidur cukup sangatlah penting.

Baca juga: Cara Sepele Raih Sukses, Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Dilansir dari CNBC, Jumat (21/2/2020), pendiri dan CEO perusahaan e-commerce Shopify Tobias Lutke mengatakan, ia harus tidur cukup di malam hari agar bisa sukses bekerja.

"Saya butuh sekitar 8 jam waktu tidur di malam hari. Sama seperti yang lainnya, apakah kita mengakuinya atau tidak," tulis Lutke pada akun Twitter pribadinya.

Beberapa miliarder dunia lainnya pun mewajibkan diri mereka tidur cukup di malam hari agar sukses dalam bekerja. Kesamaannya, mereka rata-rata tidur 7 hingga 8 jam di malam hari.

Baca juga: Waktu Tidur Cukup, Rahasia Dirut BTPN Syariah Jaga Kualitas Kerja

Siapa saja mereka? Berikut uraiannya.

1. Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gatesreuters.com Pendiri Microsoft, Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates, yang juga merupakan orang terkaya kedua di dunia, mengaku pernah mengalami masa-masa kurang tidur. Ini terjadi pada masa awal kariernya di Microsoft.

"Saya tahu saya tidak setajam ketika bekerja karena kafein dan adrenalin, tapi saya terobsesi dengan pekerjaan saya. Saya merasa banyak tidur adalah (perilaku) malas," tulis Gates dalam blog pribadinya.

Namun demikian, saat ini Gates berkomitmen tidur selama setidaknya 7 jam sehari. Ia juga merasa semua orang membutuhkan waktu tidur yang cukup.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?

2. Jack Ma

CEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016.Associated Press CEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016.

Miliarder dan pendiri Alibaba Jack Ma mengaku tidur adalah kunci bagi dirinya untuk menangani stres dan memecahkan masalah.

"Jika saya tidak cukup tidur, masalahnya akan tetap di sana. Jika saya tidur, saya memiliki kesempatan lebih baik untuk memecahkannya," ungkap Ma.

Riset pun mendukung kebiasaan Ma tersebut. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur akan berdampak pada fungsi kognitif, termasuk di dalamnya adalah pengambilan keputusan, kreativitas, dan ingatan.

Baca juga: Jack Ma Donasi Rp 201,6 Miliar Untuk Perawatan Pasien dan Riset Vaksin Virus Corona

3. Jeff Bezos

Pendiri Amazon, Jeff Besos.Reuters Pendiri Amazon, Jeff Besos.

Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan, tidur 8 jam sehari membantunya mengambil keputusan tingkat tinggi yang diperlukan bagi para eksekutifnya.

" Tidur 8 jam sehari menciptakan perubahan yang besar bagi saya dan saya berusaha keras untuk membuatnya sebagai prioritas," ungkap orang terkaya di dunia tersebut.

"Bagi saya, itulah waktu yang diperlukan untuk kembali penuh energi dan bersemangat," imbuh Bezos.

Baca juga: Kekayaan Jeff Bezos Bertambah Rp 112 Triliun dalam Sehari, Ini Penyebabnya

4. LeBron James

Pebasket NBA, LeBron James, berbicara pada acara penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant sebelum laga kontra Portland Trail Blazers di Staples Center, Los Angeles, California, pada 31 Januari 2020.AFP/Harry How Pebasket NBA, LeBron James, berbicara pada acara penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant sebelum laga kontra Portland Trail Blazers di Staples Center, Los Angeles, California, pada 31 Januari 2020.

Pekerjaan pemain basket LeBron James mensyaratkannya untuk menampilkan performa maksimal, baik mental maupun fisik. Oleh karenanya, tidur menjadi bagian dari rutinitas pentingnya.

James tidur selama 8 jam sehari di malam hari dan kerap kali 9 jam. Hal ini diakuinya dalam episode podcast The Tim Ferriss Show.

Meski ia tak selalu bangun dalam keadaan penuh semangat lagi, namun secara konsisten menjadikan tidur sebagai kebiasaan adalah cara terbaik untuk memulihkan diri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X