KILAS

Ditjen PSP Kementan Rancang Strategi untuk Capai Target Serapan Anggaran di Triwulan I 2020

Kompas.com - 21/02/2020, 12:50 WIB
Ratek dan Pengelolaan Anggaran TA 2020 Ditjen PSP Kementan di Makassar, Rabu (19/2/2020) hingga Jumat (21/2/2020), sebagai media penyatuan visi untuk menaikkan produksi pertanian melalui optimalisasi anggaran. DOK, Humas Kementerian PertanianRatek dan Pengelolaan Anggaran TA 2020 Ditjen PSP Kementan di Makassar, Rabu (19/2/2020) hingga Jumat (21/2/2020), sebagai media penyatuan visi untuk menaikkan produksi pertanian melalui optimalisasi anggaran.

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Ditjen PSP Kementan) menyusun strategi untuk mencapai serapan anggaran 40 persen pada triwulan I 2020.

“Sekarang semua harus fokus. Semua harus bekerja baik dan sesuai sasaran. Target serapan anggaran 40 persen itu menjadi tantangan bagi semua,” kata Sekretaris Ditjen PSP Kementan Mulyadi Hendiawan.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam Rapat Teknis (Ratek) dan Pengelolaan Anggaran Tahun Anggaran (TA) 2020 Wilayah II di Hotel Claro Makassar, Rabu (19/2/2020) hingga Jumat (21/2/2020).

Mulyadi melanjutkan, strategi yang dimaksud adalah optimalisasi kebijakan lima aspek utama, yaitu pembiayaan, lahan, alat mesin pertanian (alsintan), pupuk dan pestisida, serta irigasi.

Baca juga: Ditjen PSP Kementan Bahas Pengelolaan Anggaran 2020, Ini Hasilnya

Pada aspek pembiayaan, kabupaten atau kota memiliki opsi asuransi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Asuransi direalisasikan melalui usaha tani padi dan ternak sapi atau kerbau dengan besaran nominal Rp 6 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Petani harus didekati agar masuk asuransi. Dana itu cukup untuk recovery. Fasilitas KUR juga harus dimanfaatkan,” kata Mulyadi.

Sementara itu, KUR akan mendukung keproduktivitasan petani. Besaran potensi KUR yang ditawarkan mencapai Rp 25 juta dengan bunga 6 persen.

Bunga tersebut lebih rendah dibanding beberapa waktu lalu yang sempat mencapai 12 persen, 9 persen, dan 7 persen.

Baca juga: Bunga 6 Persen dan Tanpa Anggunan, KUR Pertanian Jadi Angin Segar Petani

Pada aspek lahan, terdapat penawaran optimasi dan pengendalian lahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.