Ciptakan UMKM Kelas Dunia, Kemenkop Gandeng BRI

Kompas.com - 21/02/2020, 15:39 WIB
Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,  Handayani bersama dengan Menkop UKM di Jakarta, Jumat (21/2/2020). Humas Kemenkop UKM Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Handayani bersama dengan Menkop UKM di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM bersama Bank BRI sepakat berkolaborasi program untuk menciptakan UMKM tangguh berdaya saing global atau kelas dunia.

"Bersama Kemenkop dan UKM kita akan memastikan UMKM yang kita miliki memiliki daya saing yang baik untuk bisa sustainable dalam pengembangan bisnisnya," ungkap Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Handayani dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (21/2/2020).

Sebagai langkah pertama sebut dia, pihaknya akan mengadakan workshop bersama. Lalu dilanjutkan penentuan untuk pilot project UKM mana saja yang akan menjadi fokus utama mulai dari inkubasi, pola pembinaan hingga mampu untuk sampai go export.

Baca juga: Tanri Abeng Bersama Menkop UMKM Ingin Bentuk Badan Usaha Milik Rakyat

Handayani menambahkan, dalam waktu dekat akan dibentuk satu tim khusus untuk bisa membuat modelnya.

"Pemilihan UMKM akan dilakukan secara bersama-sama, karena BRI juga mempunyai UMKM yang sudah dibiayai dan diinkubasi," katanya.

Menurut Handayani, ada empat sektor UMKM yang bakal menjadi prioritas kerja sama ini. Yaitu, craft, home and decoration, fashion and jewellery,  dan food. Setelah diidentifikasi nantinya, kementerian dan lembaga lain juga akan dilibatkan karena banyak kementerian yang juga concern terhadap pengembangan UMKM.

"Kementerian Luar Negeri siap membantu, di samping perbankan dan BUMN. Kemenparekraf juga punya banyak data UMKM yang bergerak bidang craft. Semuanya akan kita sinergikan", ucap Handayani.

Menurut dia, pihaknya sudah bertemu dengan Dubes Perancis untuk Indonesia, agar bisa membawa produk fesyen asal Indonesia masuk ke Paris.

"Nantinya Bank BRI akan menyiapkan sisi pembiayaan, inkubasi, termasuk business matching. kita memiliki mitra korporasi dan trading company, baik di domestik maupun internasional,"  sebut Handayani.

Baca juga: Kaesang Buka Kemitraan Bisnis untuk UMKM, Tertarik?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X