Pegang 2 Jabatan Komut, Agus Martowardojo Pastikan Tugas Tak Terhambat

Kompas.com - 22/02/2020, 17:39 WIB
Komisaris Utama BNI dan Tokopedia, Agus Martowardojo ditemui di salah satu acara Tokopedia, Jakarta, Sabtu (22/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIKomisaris Utama BNI dan Tokopedia, Agus Martowardojo ditemui di salah satu acara Tokopedia, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Agus Martowardojo mengatakan, dua jabatan yang diisinya tidak menghambat dalam menjalankan fungsi serta tugasnya.

Selain menjadi Komisaris Utama BNI, Agus juga merupakan Komisaris Utama Tokopedia.

"Oh enggak (menghambat). Kalau saya sebagai Komisaris Utama BNI dan juga di Tokopedia sebagai Komisaris Utama. Tentu sebagai komisaris utama di masing-masing bidang perbankan yang satu lagi marketplace," kata Agus ketika ditemui di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama BNI

Agus memastikan, kedua jabatan yang diemban tidak membuatnya khawatir. Dengan alasan kedua perusahaan bergerak di bidang yang berbeda.

"Sudah pasti karena bidang usahanya beda, yang satu adalah di bidang perbankan sedangkan yang satu di bidang marketplace itu adalah sesuatu yang harus kita yakini agar tidak terjadi posisi konflik. Jadi, semua sudah sesuai fungsi-fungsi utama dari kedua institusi," jelasnya.

Kendati demikian, jabatan komisaris yang berfungsi sebagai pengawasan terhadap kegiatan operasional perusahaan akan terus difokuskan.

Begitu pula dengan tugas direksi sendiri yang menjadi bagian pengawasan oleh komisaris.

"Kita akan senantiasa menjaga agar good coperate governance berjalan. Dan kita juga memberikan nasehat kepada direksi agar menjalankan kegiatannya sesuai dengan visi dan sebagaimana diamanatkan di anggaran dasar daripada perusahaan," tuturnya.

Baca juga: Mantan Gubernur BI Agus Marto Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Menurut mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini terpenting adalah, aturan serta perlindungan kepada konsumen terus ditingkatkan. Pasalnya, kedua perusahaan yang dia awasi tak luput dari konsumer.

"Tentu kita ingin selalu jaga, perlindungan terhadap konsumen untuk meyakinkan kedua institusi ini bisa menjalankan fungsinya dan senantiasa bisa menjaga kepentingan konsumennya," ucapnya.

Mantan Menteri Keuangan periode 2010-2013, Agus Martowardojo pada Kamis (20/2/2020) lalu, ditunjuk menjadi Komisaris Utama BNI, oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Namun, Agus sebelum mengisi jabatan di BNI, juga menjabat sebagai Komisaris Utama di Tokopedia sejak 10 Januari 2019. Hal itu membuatnya memiliki dua jabatan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X