Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegang 2 Jabatan Komut, Agus Martowardojo Pastikan Tugas Tak Terhambat

Kompas.com - 22/02/2020, 17:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Agus Martowardojo mengatakan, dua jabatan yang diisinya tidak menghambat dalam menjalankan fungsi serta tugasnya.

Selain menjadi Komisaris Utama BNI, Agus juga merupakan Komisaris Utama Tokopedia.

"Oh enggak (menghambat). Kalau saya sebagai Komisaris Utama BNI dan juga di Tokopedia sebagai Komisaris Utama. Tentu sebagai komisaris utama di masing-masing bidang perbankan yang satu lagi marketplace," kata Agus ketika ditemui di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama BNI

Agus memastikan, kedua jabatan yang diemban tidak membuatnya khawatir. Dengan alasan kedua perusahaan bergerak di bidang yang berbeda.

"Sudah pasti karena bidang usahanya beda, yang satu adalah di bidang perbankan sedangkan yang satu di bidang marketplace itu adalah sesuatu yang harus kita yakini agar tidak terjadi posisi konflik. Jadi, semua sudah sesuai fungsi-fungsi utama dari kedua institusi," jelasnya.

Kendati demikian, jabatan komisaris yang berfungsi sebagai pengawasan terhadap kegiatan operasional perusahaan akan terus difokuskan.

Begitu pula dengan tugas direksi sendiri yang menjadi bagian pengawasan oleh komisaris.

"Kita akan senantiasa menjaga agar good coperate governance berjalan. Dan kita juga memberikan nasehat kepada direksi agar menjalankan kegiatannya sesuai dengan visi dan sebagaimana diamanatkan di anggaran dasar daripada perusahaan," tuturnya.

Baca juga: Mantan Gubernur BI Agus Marto Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Menurut mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini terpenting adalah, aturan serta perlindungan kepada konsumen terus ditingkatkan. Pasalnya, kedua perusahaan yang dia awasi tak luput dari konsumer.

"Tentu kita ingin selalu jaga, perlindungan terhadap konsumen untuk meyakinkan kedua institusi ini bisa menjalankan fungsinya dan senantiasa bisa menjaga kepentingan konsumennya," ucapnya.

Mantan Menteri Keuangan periode 2010-2013, Agus Martowardojo pada Kamis (20/2/2020) lalu, ditunjuk menjadi Komisaris Utama BNI, oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Namun, Agus sebelum mengisi jabatan di BNI, juga menjabat sebagai Komisaris Utama di Tokopedia sejak 10 Januari 2019. Hal itu membuatnya memiliki dua jabatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com