Siswa SMK Penerbangan Diberi Pembekalan Aspek Keselamatan Transportasi Udara

Kompas.com - 24/02/2020, 12:18 WIB
Diklat bagi siswa SMK penerbangan yanv diselenggarakan oleh PPI Curug dan BPSDM Kemenhub, Sabtu (22/2/2020). Dok. BPSDM KemenhubDiklat bagi siswa SMK penerbangan yanv diselenggarakan oleh PPI Curug dan BPSDM Kemenhub, Sabtu (22/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tipe revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK).

Ini merupakan kerja sama antara PPI Curug dengan Forum Komunikasi SMK Penerbangan Seluruh Indonesia yang pada kesempatan kali berlokasi di Solo, Jawa Tengah. Diklat ini diikuti 150 siswa SMK Bina Dirgantara Solo.

Direktur PPI Curug Capt Avirianto menjelaskan pentingnya memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada para pelajar mengenai aspek keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi udara.

Baca juga: Kunjungi STPI Curug, Menhub Cek Kualitas SDM Peserta Didik

Jenis diklat yang diselenggarakan yakni Diklat Human Factor yang diselenggarakan selama 3 hari dengan jumlah peserta 90 orang. Adapun Diklat Safety Management System diikuti oleh sebanyak 60 orang berlangsung selama 5 hari.

Penyelenggaraan DPM ini sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo, yang menekankan pentingnya SDM sektor transportasi yang unggul dan berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing di kancah internasional.

Menurut Avirianto, hal tersebut dapat terjadi dengan kerja cepat dan kerja produktif yang saat ini tidak lagi berorientasi pada proses namun pada hasil yang nyata.

"Untuk mewujudkan nya, dibutuhkan SDM yang kompeten serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Avirianto dalam keterangannya, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Alumni Curug Diminta Berkontribusi Lebih Banyak

Avirianto berharap, peserta DPM dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi masyarakat Indonesia yang selalu dalam proses pengembangan kualitas diri.

"Sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan sektor transportasi udara, baik langsung maupun tidak langsung," imbuhnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X