Sudah Ngebet Nikah? Mulai Siapkan Ini Dulu Sebelum Berkeluarga

Kompas.com - 24/02/2020, 14:12 WIB
Ilustrasi menikah ShutterstockIlustrasi menikah

KOMPAS.com - Setiap orang tentunya ingin membina rumah tangga, karena ini adalah salah satu fase kehidupan yang sewajarnya dijalani manusia.

Setiap keluarga yang ada tentu memiliki kondisi masing-masing, baik itu jumlah anak, rumah, dan juga kondisi keuangan.

Bagi sebagian orang, berkeluarga bisa dibilang gampang-gampang susah, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kondisi keuangan. Dari berbagai persoalan berumah tangga saat ini, keuangan adalah salah satu faktor yang kerap menjadi masalah.

Oleh sebab itu agar masalah ini tidak terlalu membebani, bagi Anda yang ingin memulai berkeluarga, perlu memiliki rencana keuangan terbaik agar bisa memiliki keluarga yang bahagia. Hal ini juga agar Anda siap dalam membina keluarga terutama jika memiliki anak hingga dewasa nantinya.

Berdasarkan kondisi di atas jika Anda ingin berkeluarga, harus mempersiapkan diri dengan baik agar kondisi keuangan keluarga nantinya bisa berjalan dengan baik. Anda tentu harus mencapai beberapa sasaran keuangan sebelum berkeluarga.

Harapannya jika Anda sudah siap sejak awal, maka keluarga yang dibina tidak bermasalah dalam segi keuangan. Jadi, kalua sudah ngebet nikah, sebaiknya persiapkan hal berikut ini sebelum berkeluarga seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Punya Pekerjaan yang Jelas dan Berpenghasilan Tetap

Mungkin ini terdengar klasik, namun nyatanya pekerjaan jelas dan penghasilan tetap adalah kunci dalam membangun keluarga. Penghasilan tetap memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan, dan untuk kebutuhan anak-anak hingga besar nanti.

Tentunya untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut pastikan Anda memahami pekerjaan tersebut sesuai bidang Anda dan selalu bekerja keras. Dengan karier yang cemerlang tentu penghasilan tetap Anda bisa meningkat atau paling tidak stabil. Usahakan Anda sudah berpengalaman bekerja beberapa tahun sebelum berkeluarga.

Pekerjaan dan pengalaman yang baik tentu membuat keluarga Anda kondisi keuangannya bisa stabil. Dengan rencana ini sedari awal meskipun ada kemungkinan untuk di-PHK atau dirumahkan, Anda bisa mudah mendapatkan pekerjaan baru karena pengalaman yang Anda miliki.

2. Punya Usaha Sendiri Jika Anda Bukan Karyawan

Di dunia ini, bukan hanya diisi oleh para pekerja saja. Ada juga yang namanya pengusaha atau pebisnis. Nah, jika Anda bukan seorang karyawan, pastikan Anda memiliki sebuah usaha sendiri yang memang hasilnya bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga yang Anda bina nantinya.

Baca Juga: Salah Pilih Bikin Boros, Begini Tips Cari Kartu Kredit Buat Anda yang Sudah Berkeluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X