Awal Pekan, Rupiah Ditutup Merosot Tajam

Kompas.com - 24/02/2020, 17:20 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Senin (24/2/2020) anjlok.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.872 per dollar AS. Rupiah melemah 112 poin sebesar 0,81 persen dibanding penutupan Jumat Rp 13.760 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen kebijakan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,75 persen.

Baca juga: Awali Pekan, Rupiah Melorot ke Kisaran Rp 13.800 Per Dollar AS

"Ini mampu membuat investasi pada rupiah menjadi kurang diminati sehingga berpotensi mengalami tekanan," kata Ibrahim.

Sementara itu, sepanjang hari ini pergerakan rupiah juga belum lepas dari sentimen virus corona.

"Kekhawatiran akan penyebaran virus corona di luar China meningkat seiring dengan peningkatan tajam infeksi di Korea Selatan, Italia, dan Iran," ungkapnya.

Serangan virus corona di kota Italia juga membuat pemerintah mengambil kebijakan dengan menutup karnaval Venesia termasuk sekolah dan kota yang terdampak virus corona.

Kota Seoul Korea Selatan juga dalam keadaan siaga. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan, pihaknya mengkhawatirkan meningkatnya jumlah kasus tanpa kaitan yang jelas dengan China, tempat wabah dimulai.

Baca juga: Rupiah Akhir Pekan Ditutup Melemah

Di sisi lain, dampak secara ekonomi dari wabah virus corona juga menarik pembahasan para menteri keuangan negara G20 melakukan pertemuan di Riyadh, Arab Saudi.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, pertumbuhan ekonomi China tahun 2020 kemungkinan akan menjadi 5,6 persen atau turun 0,4 persen dibanding tahun lalu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X