Kepala BKPM: Dampak Corona Sistemik, tapi Realisasi Investasi Masih Bagus

Kompas.com - 24/02/2020, 17:32 WIB
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIKepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengatakan, dampak virus corona apabila berlangsung lama, maka pengaruh terhadap investasi Indonesia akan semakin besar.

Namun, hingga kini, realisasi investasi RI masih belum alami dampak penurunan yang signifikan.

"Corona ini berdampak sistemik, masif, dan terstruktur. Tapi sampai dengan sekarang, realisasi investasi kita sampai Februari masih bagus. Harapan saya corona ini segera cepat berlalu," katanya ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Edhy Prabowo Tunggu Restu Jokowi Buka Keran Ekspor Benih Lobster

"Tapi kalau corona ini berlanjut sampai dengan bulan Maret, kemungkinan besar ada dampaknya," lanjut Bahlil.

Bahlil juga bicara soal penyebaran virus corona di Korea Selatan. Namun ia meyakini hal tersebut tidak memberikan efek negatif terhadap investasi Indonesia.

Saat ini kata dia, investasi Korea Selatan masih stabil. Justru kata dia, BKPM waswas dampak ekonomi yang berasal dari China akibat virus corona.

Ia memastikan akan menghitung dampak kerugian investasi akibat corona pada Maret 2020.

"Yang kami hitung dari China. Tapi kalau dari negara lain normal," ucapnya.

Baca juga: RI Dicoret dari Negara Berkembang, Ini Permintaan Pemerintah ke AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.