Melemah Lagi, Rupiah Dibuka Dekati Rp 14.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 26/02/2020, 08:50 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Rabu (26/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.20 WIB rupiah dubuka pada level Rp 13.905 atau melemah 18 poin sebesar 0,13 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.887 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan peringatan WHO yang menyebut wabah corona sudah menjadi pandemi dan bukan epidemi lagi, menimbulkan kekhawatiran pasar.

Baca juga: Mau Nelayan RI Melaut Sampai Alaska, Edhy Prabowo Lobi Internasional

"WHO memberikan peringatan kemungkinan wabah virus corona bisa berubah dari epidemi menjadi pandemi.

Peringatan ini mengingatkan kemungkinan masalah corona bisa membesar dan ini menambah kekhawatiran pasar," kata Ariston kepada Kompas.com

Selain itu, Ariston menyebut selain rupiah beberapa aset berisiko lainnya akan tertekan hari ini akibat pengumuman WHO tersebut.

Ariston mengatakan, hari ini rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 13.870 per dollar AS sampai dengan Rp 13.950 per dollar AS.

Baca juga: Akankah Pemerintah Suntikan Rp 15 Triliun Demi Selamatkan Jiwasraya?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X