Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkaca dari Negara Lain, Menhub Berharap agar Ibu Kota Baru Bisa Berhasil

Kompas.com - 26/02/2020, 12:26 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, Ibu Kota Negara (IKN) baru dipersiapkan menjadi kota yang inovatif, smart, dan berkelanjutan. Hal ini membutuhkan banyak persiapan.

Menurut Menhub, ada beberapa negara yang mempunyai ide membangun IKN namun gagal dalam pelaksanaannya.

"Beberapa negara punya pengalaman membangun ibu kota baru, ada yang berhasil, ada yang tidak. Tentu kita ingin ibu kota ini berhasil," katanya di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Bappenas: Potensi Banjir di Ibu Kota Baru Ada, Tapi Beda Lokasi

Untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan infraatruktur IKN, lanjut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang dari negara-negara luar, seperti Inggris dan Jepang yang akan berkunjung ke Indonesia pada 28 Februari 2020.

"Kita ingin menggali soal ibu kota negara kepada mereka, apa yang menjadi penting, khususnya ibu kota negara," ujarnya.

Budi menambahkan, IKN ini nantinya akan menerapkan kendaraan berbasis listrik dan autonom, terutama untuk transportasi publik.

"Menggunakan kendaraan listrik. Sebagai contoh kita akan menggunakan kereta dari Balikpapan ke ibu kota baru. Kita juga akan menginisiasi kereta listrik atau tram," katanya.

Pemerintah menjamin tenaga listrik di IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mampu menjadi sumber kendaraan otonom tersebut.

"Sumber listriknya di sana banyak sekali. Kaltim penghasil batu bara, banyak sungai-sungai di sana, kemungkinan dari sana listrik kita pakai," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com