Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara yang Bisa Dilakukan Para Introvert untuk Meningkatkan Personal Brand

Kompas.com - 27/02/2020, 06:38 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layaknya orang pada umumnya, para introvert bisa memiliki personal branding. Namun banyak juga yang mengatakan para kaum introvert sulit untuk berkarir. Kalaupun bisa, karir yang mereka miliki biasa-biasa saja.

Padahal kenyataanya malah justru sebaliknya. Para kaum introvert memiliki potensi menjadi pemimpin, bahkan mereka memiliki personal brand yang lebih besar daripada orang-orang ekstrover sekalipun.

Mengutip dari Entrepreneur, Kamis (27/2/2020), ada 3 cara yang dapat dilakukan para introvert untuk membangun personal branding tanpa memberikan terlalu banyak ruang pribadi.

1. Berbicara di depan umum

Berbicara di depan umum adalah mimpi buruk para Introvert padahal ini hanyalah ketakutan yang menipu Anda yang dihasilkan dalam pikiran Anda.

Baca juga: Ingin Sukses Seperti Jack Ma dan Bill Gates? Tidur 8 Jam Sehari

Salah satu stigma terbesar dari para Introvert ketika berbicara di depan umum adalah mereka berpikir bahwa audiensi akan menilai mereka buruk selama mereka berpidato, tidak peduli seberapa baik mereka latihan.

Salah satu metode untuk meringankan beban ini adalah selalu yakin dan mengucapkan stament "penonton tidak akan menilai saya dengan buruk" secara terus menerus hingga kepercayaan bisa timbul.

2. Kehadiran digital

Internet memberikan manfaat berinteraksi dengan semua orang tanpa harus meninggalkan kamar. Melalui media sosial, Anda dapat berjejaring dengan orang-orang di seluruh dunia dan semua dari kenyamanan ruang pribadi Anda sendiri.

Anda juga dapat mempublikasikan konten berkualitas dan membaginya dengan para pengikut Anda. Atau dengan menulis ide dan pemikiran fantatis Anda untuk dibaca seluruh dunia dapat melakukan hal-hal luar biasa baik untuk personal brand Anda.

3. Jejaring Tradisional

Media sosial masih belum bisa menggantikan jejaring tradisional. Bertemu orang secara langsung adalah metode jaringan paling kuno dan cara ini berhasil.

Tapi Anda bisa melakukan metode ini tanpa menggunakan cara kuno. Anda bisa membuat list atau daftar siapa saja yang ingin Anda ajak bicara terlebih dahulu.

Begitu Anda sampai di tempat yang Anda tuju Anda tidak perlu lagi berpikir keras siapa yang ingin Anda ajak bicara karena Anda sudah memiliki list-nya.

Mungkin diperlukan beberapa kali untuk membiasakan diri dan mungkin tidak selalu berjalan sesuai rencana tetapi memiliki tujuan jangak pendek dapat membantu Anda melupakan kecemasan Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan percakapan Anda sebaik mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com