KILAS

Jaga Stabilitas Harga Cabai dan Bawang Putih, Kementan Gelar Pasar Murah

Kompas.com - 27/02/2020, 07:52 WIB
Pasokan cabai dan bawang putih yang dijual di gelar pangan murah toko tani Indonesia. DOK. Humas Kementerian PertanianPasokan cabai dan bawang putih yang dijual di gelar pangan murah toko tani Indonesia.

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu harga cabai rawit dan bawang putih mengalami kenaikan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau yang biasa disapa SYL mengatakan, pihaknya akan terus mengantisipasi lonjakan, dan menjaga stabilitas harga pangan yang rentan mengalami fluktuasi.

Hal tersebut dikatakan SYL, dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI, Senin (17/2/2020).

Untuk menjaga stabilitas harga, sejak awal Januari Kementerian Pertanian (Kementan) telah melaksanakan gelar pasar murah di beberapa daerah antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Jambi.

Baca juga: Pedasnya Harga Cabai Merah di Akhir Pekan...

Pada gelar pasar murah, Kementan menambah pasokan cabai dari luar Jawa ke DKI Jakarta, dan meningkatkan pasokan bawang putih ke pasar di berbagai daerah.

Kurang lebih sebanyak 152 ton cabai rawit dan 65 ton bawang putih telah digelontorkan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi mengatakan, gelar pasar murah tidak menurunkan harga pangan secara drastis. Namun, dampaknya mulai terlihat dan dapat dirasakan.

Hal tersebut terbukti dari harga cabai rawit dan bawang putih yang cenderung terus menurun.

Baca juga: Ini Upaya Kementan Tekan Harga Cabai di DKI Jakarta dan Sekitarnya

Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) mencatat, minggu ini rata-rata harga bawang putih nasional Rp 47.100 per kilogram ( kg).

Angka itu turun 17 persen dari rata-rata harga di pekan kedua Februari sebesar Rp 55.200 per kg.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X