Lion Air Pastikan Penerbangan Umrah ke Arab Saudi Masih Beroperasi Normal

Kompas.com - 27/02/2020, 13:11 WIB
Pesawat Lion Air AirbusPesawat Lion Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air memastikan penerbangan umrah ke Arab Saudi masih beroperasi secara normal, pasca-Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan izin visa kunjungan.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sampai dengan hari ini, Kamis (27/2/2020), penerbangan umrah ke Arab Saudi masih beroperasi normal.

"Lion Air hingga saat ini masih mengoperasikan layanan penerbangan umrah atau belum mengalami pembatalan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Lebih lanjut, Lion Air masih melakukan koordinasi lebih lanjut dengan otoritas penerbangan Arab Saudi terkait penangguhan visa kunjungan umrah dan kunjungan.

"Serta akan terus mengumpulkan data dan berbagai keterangan," katanya.

Nantinya Lion Air akan memberikan informasi lebih lanjut terkait status penerbangan kepada seluruh jamaah umrah dan penumpang lainnya.

Danang menjelaskan, pihaknya melayani penerbangan di dua bandara Arab Saudi, yaitu Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah dan Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah.

Sementara untuk dalam negeri, Lion Air melayani penerbangan umrah dari 12 bandara nasional.

Yakni, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh, Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau, Bandara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau.

Lalu ada, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Talang Betutu, Sukarami, Sumatera Selatan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Bandara Internasional Adi Soemarmo, Jawa Tengah, Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, Bandara Internasional Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kemudian, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan, dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Praya, Nusa Tenggara Barat.

"Lion Air mengoperasikan rata-rata 4 sampai 5 kali penerbangan umrah per hari dari Indonesia," ucap Danang.

Sebagai informasi, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Dikutip dari Arab News, Kamis(27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihaknya juga menyebut bahwa otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah Negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan Umrah maupun wisata.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X