Terus Melemah, Rupiah Sudah Tembus Rp 14.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 27/02/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah hari ini terus melemah. Rupiah di pasar spot bahkan sudah menembus level Rp 14.000 per dollar AS.

Mengutip Bloomberg pada Kamis (27/2/2020). pukul 14.52 WIB, rupiah sudah berada di level Rp 14.005 per dolar AS. Artinya rupiah di pasar spot sudah melemah 0,47 persen dari penutupan kemarin yang ada di Rp 13.940 per dollar AS.

Nasib rupiah berbeda dengan sederet mata uang Asia lain yang mampu menguat di hadapan dollar AS. Mulai dari dollar Taiwan, dollar Singapura, baht Thailand, hingga yen Jepang.

Baca juga: Melemah, Rupiah Sepanjang Hari Ini Akan Dibayangi Dampak Sentimen Corona

Peso Filipina menjadi yang paling perkasa dengan menguat 0,56 persen terhadap dollar AS

Analis Monex Investindo Futures Faisyal memperkirakan, tren pergerakan negatif kurs rupiah yang sudah terjadi dalam delapan hari terakhir masih akan berlanjut di hari ini (27/2/2020). Pasalnya, belum ada sentimen baru, baik dari internal atau eksternal.

Menurut Faisyal, sentimen penggerak rupiah saat ini hanya berasal dari penyebaran virus corona. Alhasil, tren pergerakan rupiah tidak akan banyak berubah.

"Rupiah masih akan tertekan dan kembali melanjutkan tren negatif," kata Faisyal.

Baca juga: Rupiah Melemah dan Ditutup Hampir Sentuh Rp 14.000

Bahkan, menurut dia, bukan tidak mungkin, nilai tukar rupiah kembali menembus level Rp 14.000 per dollar AS. Menurut perkiraan Faisyal, kurs rupiah akan bergerak antara Rp 13.860-Rp 14.000 per dollar AS. (Hikma Dirgantara, Tendi Mahadi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Makin loyo, rupiah di pasar spot sudah menembus level Rp 14.000 per dolar AS

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X