Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Siap Jemput Jemaah Umrah yang Masih di Arab Saudi

Kompas.com - 27/02/2020, 15:44 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengaku maskapainya siap menjemput jemaah umrah asal Indonesia yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

Saat ini, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

“Garuda tetap komit bawa pulang (jemaah umrah), jadi kita akan pergi (dengan pesawat) kosong dan bawa pulang (para jemaah),” ujar Irfan di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Garuda Indonesia Tunggu Keputusan Pemerintah Terkait Penerbangan Umrah

Irfan menambahkan, pemerintah telah berkomunikasi dengan pemerintab Arab Saudi mengenai cara pemulangan jemaah asal Indonesia itu.

“Tapi kelihatannya ini cukup membingungkan, pengumuman pagi hari, tapi langsung efektif berlaku,” kata Irfan.

Irfan menjelaskan, hari ini maskapainya tetap melayani penerbangan untuk umrah. Namun, begitu jemaah tiba di Bandara Soekarno Hatta, mereka dilarang untuk melanjutkan penerbangannya.

“Tapi saya barusan dapat info, ditolak berangkat. Jadi sudah antre di check-in counter, tapi dinyatakan enggak boleh berangkat,” ucap dia.

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Bagaimana Nasib Jemaah yang Sudah Setor Dana?

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Disebut pula, otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah Negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com