Biro Travel Reschedule Penerbangan hingga Hotel Jemaah Umrah Akibat Penangguhan Visa

Kompas.com - 27/02/2020, 18:21 WIB
ILUSTRASI - Umrah di Medina ShutterstockILUSTRASI - Umrah di Medina
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi telah resmi menghentikan sementara penerbitan izin visa baik untuk umrah maupun untuk wisata dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Penangguhan tersebut berlaku terhitung hari ini, Kamis (27/2/2020).

Menindaklanjuti hal tersebut, Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) pun menyarankan kepada seluruh anggota travel umrah dan haji untuk melakukan upaya reschedule terhadap vendor-vendor seperti penerbangan, visa, hotel dan lainnya. Hal itu didilakukan untuk mengamankan hak jemaah umrah yang sudah menyetorkan dananya.

"Sapuhi meminta kepada seluruh anggota travel umrah dan haji untuk melakukan perencanaan kembali tentang reschedule penerbangan jemaah sehingga seluruh hak jemaah bisa ditunaikan sekalipun saat ini diberlakukan kebijakan larangan kunjungan," ujar Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi kepada Kompas.com.

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Bagaimana Nasib Jemaah yang Sudah Setor Dana?

Dia pun mengatakan, berdasarkan informasi dari beberapa agen travel Sapuhi, pemberlakuan larangan kunjungan umrah berlaku efektif hari ini. Bahkan beberapa jamaah ditolak check in penerbangan ke Jeddah dan Madinah.

Syam pun mengatakan, dirinya meminta maskapai, hotel, jasa transportasi, katering dan vendor lain untuk turut berkoordinasi dalam proses penjadwalan ulang. Hal tersebut dilakukan dengan tanpa menghanguskan deposit serta tanpa syarat yang memberatkan travel agent haji dan umroh.

"Dalam melindungi hak jamaah umroh Indonesia, Sapuhi juga berkoordidnasi dengan Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta untuk membantu proses perpanjangan masa berlaku visa jamaah umrah yang sudah terbit," kata dia.

Sebelumnya, Sektretaris Jenderal Asoasiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Firman M Nur mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan serta hotel di Arab Saudi untuk bisa melakukan penjadwalan ulang

Baca juga: Visa Ditangguhkan, Berapa Banyak Jemaah Umrah Asal Indonesia?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X