Ingin Lebih Produktif dan Karier Menanjak? Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 28/02/2020, 09:18 WIB
Ilustrasi bekerja dengan gembira plustwentysevenIlustrasi bekerja dengan gembira

NEW YORK, KOMPAS.com - Setiap pegawai yang bekerja di perusahaan tentu ingin kariernya menanjak.

Cara terbaik untuk membuat karier Anda melesat adalah dengan bekerja lebih baik dan produktif. Namun, ada saja hambatan untuk produktif saat bekerja.

Oleh sebab itu, Anda butuh strategi guna memperbaiki efektivitas saat bekerja. Sebab, dengan bekerja secara efektif, Anda juga bisa membuahkan pekerjaan dengan kualitas lebih tinggi.

Baca juga: Kerja 4 Hari Seminggu, Produktivitas Karyawan Microsoft Jepang Naik 40 Persen

Tak dipungkiri juga, produktivitas dapat berujung pada promosi jabatan.

Dilansir dari Forbes, Jumat (28/2/2020), berikut ini 3 hal yang dapat Anda lakukan agar lebih produktif dan nantinya karier menanjak.

1. Kurangi rapat atau percepat durasinya

Ilustrasi bekerja sama.Shutterstock Ilustrasi bekerja sama.

Beberapa rapat memang penting, namun tidak sedikit juga yang tidak penting.

"Rapat bisa sangat mahal dan sangat membuang waktu berharga pegawai. Rapat dengan rekan kerja memang bagus, tapi membuat 15 orang berkumpul di satu ruangan untuk rapat selama beberapa jam sebenarnya bisa dipercepat (durasinya)," kata John Furneaux, CEO dan pendiri Hive, platform produktivitas.

Terkadang, cara terbaik untuk menemukan sebuah topik atau membentuk tim bukan dengan rapat. Ketimbang rapat, komunikasi bisa lebih produktif lewat e-mail, grup WhatsApp, atau cara-cara kolaboratif lainnya.

Baca juga: Ingin Produktif di Kantor? Lakukan 7 Hal Ini

Ketika memang harus rapat, maka pastikan setiap orang fokus pada tugas masing-masing. Pastikan juga setiap orang yang terlibat mengetahui tujuan rapat, apakah untuk membagi informasi, mengumpulkan masukan, atau membuat keputusan.

Ini tidak hanya akan membuat rapat lebih produktif, namun juga mematok ekspektasi yang jelas. Pun jika Anda akan merencanakan rapat, pastikan efektivitasnya dengan memberitahu topik diskusi dan persiapan yang harus dilakukan.

2. Hindari multitasking

.iStockphoto .

Mencoba untuk multitasking alias melakukan beberapa pekerjaan sekaligus tidak akan membuat karier Anda menanjak. Multitasking malah bisa mengganggu karier Anda.

Sebab, multitasking akan membuat perhatian Anda terpecah-pecah antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya sampai Anda tidak bisa fokus sama sekali. Akhirnya Anda membuat pekerjaan tak selesai atau separuh selesai.

Riset membuktikan, multitasking malah membuat produktivitas seseorang menurun. Dalam sebuah studi, para psikolog menemukan hanya 2,5 persen orang yang bisa sukses mengerjakan dua hal sekaligus.

Baca juga: Simak Cara Mengelola Tim Kerja agar Lebih Produktif

Artinya, multitasking kemungkinan besar tidak membuat Anda lebih produktif. Oleh karena itu, fokuslah mengerjakan satu hal, kemudian kerjakan hal lain setelah selesai.

Agar tak membuang waktu, pasang target atau durasi yang Anda butuhkan untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

3. Jangan lupa rehat sejenak

Ilustrasi istirahatTodd Warnock Ilustrasi istirahat

Menuju peningkatan karier adalah soal kerja cerdas, bukan kerja keras. Anda tak akan lebih produktif dengan memaksakan diri bekerja keras.

Di sela-sela bekerja, jangan lupa untuk rehat sejenak. Pendiri TalentSmart Travis Bradberry melakukan riset rasio bekerja dan istirahat di tempat kerja. Ia menemukan bahwa pegawai 100 persen fokus bekerja selama 1 jam.

"Ketika mereka merasa lelah (setelah bekerja 1 jam), mereka rehat sejenak dan benar-benar memisahkan diri dari pekerjaan. Ini membantu mereka untuk krmbali segar untuk menghadapi jam produktif lagi," terang Bradberry.

Baca juga: Ini 3 Strategi Produktif ala Jeff Bezos

Ketika memutuskan untuk rehat sejenak, cobalah menjauh dari komputer, laptop, atau ponsel Anda. Pergilah ke luar gedung dan menghirup udara segar atau minum segelas air putih.

Biasakan mengambil istirahat selama 5 menit setiap bekerja 1 jam. Gunakan waktu 5 menit itu benar-benar menjauhkan diri dari pekerjaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Forbes
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X