Masih Melemah, Rupiah Sentuh Level Rp 14.090 Per Dollar AS

Kompas.com - 28/02/2020, 11:10 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah semakin keok pada perdagangan, Jumat (28/2/2020), pelemahan sembilan hari beruntun.

Mengutip Bloomberg pukul 10.05 WIB, rupiah pasar spot ke level Rp 14.090 per dollar AS. Rupiah melemah 0,46 persen dari penutupan perdagangan kemarin.

Analis Kapital Global Investama Alwi Assegaf memproyeksikan rupiah hari ini akan kembali melemah seiring dengan penyebaran virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Baca juga: Loyo, Rupiah Ditutup Tembus Rp 14.025 Per Dollar AS

“Memang masih cenderung melemah. Namun, pelemahan rupiah ini kemungkinan bisa diredam asalkan Bank Indonesia (BI) bertindak untuk menstabilkan nilai tukar dengan melakukan intervensi,” kata Alwi kepada Kontan.co.id, Kamis (27/2/2020) kemarin.

Alwi menghitung rupiah akan melemah dan bergerak pada kisaran Rp 13.960 per dollar AS-Rp 14.110 per dollar AS.

Sementara Head of Economics Research Pefindo Fikri C Permana melihat rupiah justru punya peluang terapresiasi. Dia melihat rupiah akan mampu menguat tipis pada rentang Rp 13.950 per dollar AS-Rp 14.080 per dollar AS.

Virus corona masih akan menjadi sentimen penekan, namun faktor utama penguatan berasal dari pergerakan indeks dolar yang sudah mulai tertahan. Hal ini seiring dengan risiko di perekonomian AS sendiri,” pungkas Fikri. (Handoyo, Hikma Dirgantara, Yudho Winarto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah masih bertahan di Rp 14.090 per dolar AS

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X