Kompas.com - 28/02/2020, 17:41 WIB
Gerai Jajanan Bandara di Terminal 3 Domestik di Bandara Soekarno-Hatta kelolaan Taurus Gemilang Group. Taurus Gemilang GroupGerai Jajanan Bandara di Terminal 3 Domestik di Bandara Soekarno-Hatta kelolaan Taurus Gemilang Group.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan bahan baku lokal menjadi cara bagi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) menyiasati persaingan.

Strategi itu, menurut catatan Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) per 2018-2019, mampu membuat usaha kuliner tumbuh hingga 12,7 persen.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), M. Ikhsan Ingratubun, mengakui cara itu membuat sektor kuliner tetap bertahan di tengah kondisi ekonomi yang menantang.

"Sektor kuliner tidak bergantung pada produk impor untuk bahan bakunya," kata Ikhsan dalam pernyataan tertulis, Jumat (28/2/2020).

Sementara itu, Pimpinan Taurus Gemilang (TG) Group Budi Purnomo, menjelaskan penggunaan bahan baku lokal merupakan salah satu bagian penting yang dijalankan perusahaannya sejak tiga dekade lalu.

Budi yang pada 2013 dipercaya menggantikan pendahulunya, Pop Mulhadi, melakukan pendekatan kolaboratif dengan berbagai UMKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kala itu, kami sudah mengedepankan produk lokal," ucapnya.

Gandeng UMKM

Berlanjut, pada 2016, tatkala tender area komersial dilaksanakan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, TG Group mengajak sekitar 12 pengusaha UMKM Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta, bekerja sama.

Para pengusaha itu dikumpulkan dalam sebuah area bernama Kulinari Food Market.

Lokasinya ada di Lantai Mezzanine, Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.