BI Prediksi Inflasi Februari Lebih Rendah dari Januari

Kompas.com - 28/02/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Februari 2020 akan lebih rendah dibandingkan dengan Januari 2020.

"Inflasi, sesuai survei pemantauan harga hingga minggu keempat Februari 2020, kita perkirakan inflasi lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 0,31 persen month to month, year on year-nya 3,02 persen," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Pada Januari 2020, tercatat terjadi inflasi 0,39 persen secara bulanan atau 2,68 persen secara tahunan.

Baca juga: Sektor Keuangan Indonesia Mulai Terdampak Virus Corona

Ini disebabkan inflasi inti yang terkendali dan kelompok administered prices yang mencatat deflasi, sedangkan inflasi volatile food sedikit meningkat.

Pada Januari lalu, kelompok administered prices mencatat deflasi didorong kebijakan penurunan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) dan normalisasi tarif berbagai angkutan pasca libur akhir tahun.

Sementara itu, inflasi volatile food meningkat, antara lain disebabkan gangguan produksi dan distribusi beberapa komoditas volatile food dipicu dampak banjir di sebagian daerah.

"Inflasi, alhamdulillah terjaga rendah. InsyaAllah koordinasi pemerintah dengan Bank Indonesia dapat kendalikan target tahun ini yakni 3 plus minus satu persen," katanya.

Meski begitu, BI mengatakan ada komponen harga yang menyumbang deflasi pada Februari 2020 yakni tarif transportasi angkutan udara dan bawang merah. Masing-masing memberikan kontribusi deflasi sebesar 0,01 persen.

Baca juga: Saat Sri Mulyani Gelisah Pikirkan Rencana Pindah Ibu Kota

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X