Menhub: 430.000 Orang Dapat Diskon Tiket Pesawat dari Maret-Mei 2020

Kompas.com - 29/02/2020, 18:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) saat menjelaskan skema pemberian diskon tiket pesawat yang berlaku mulai besok, Minggu (1/3/2020), di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (29/2/2020). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) saat menjelaskan skema pemberian diskon tiket pesawat yang berlaku mulai besok, Minggu (1/3/2020), di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (29/2/2020).

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai memberikan diskon tiket pesawat ke 10 destinasi wisata mulai besok, Minggu (1/3/2020).

Adapun 10 destinasi wisata yang dimaksud meliputi Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, diskon tersebut berlaku hingga Mei 2020. Dia memperkirakan akan ada 430.000 orang yang bisa mendapat diskon dalam kurun waktu tersebut.

"Untuk yang mendapatkan jumlah diskon itu kira-kira Rp 430.000 orang," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Mulai Besok Pemerintah Beri Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Budi menuturkan, tak semua kursi pesawat bakal diberi diskon. Hanya 25 persen kursi dari tiap penerbangan yang bakal mendapat insentif tersebut. Pemerintah pun telah menganggarkan Rp 500 miliar untuk pemberian insentif tersebut.

Sesuai kesepakatan, diskon yang diberikan berupa potongan harga sebesar 50 persen dari harga tiket, dengan rincian 30 persen diberikan pemerintah dan sisanya diberikan oleh operator bandara dan PT Pertamina untuk bahan bakar avtur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kalai dihitung total insentif adalah 50 persen, untuk 25 persen seat, untuk 10 destinasi wisata selama 3 bulan mulai Maret sampai Mei. Jadi masyarakat sudah pasti akan mendapatkan manfaat itu," terang Budi.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria mengatakan, Garuda menyambut baik program pemerintah ini.

Lebih lanjut Dony bilang, terdapat 25 rute penerbangan yang diberikan diskon ke 10 destinasi wisata. Dari Jakarta ke Denpasar, terdapat 14 rute pulang-pergi (PP) per hari.

"Katakan 25 persen dari jumlah seat (misalnya) kita alokasikan 40 seat. Kalau 14 penerbangan Jakarta-Denpasar (per hari), berarti 40 seat dikali 14. Itu yang diberi diskon," ungkap Dony.

Baca juga: Influencer Asing Bakal Dapat Diskon Tiket Pesawat Rp 700.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.