Bank Indonesia Masih Optimistis Perekonomian RI akan Bangkit di Akhir Tahun

Kompas.com - 01/03/2020, 06:38 WIB
Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia IGP Wira Kusuma KOMPAS.com/ELSA CATRIANADirektur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia IGP Wira Kusuma

BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia IGP Wira Kusuma mengatakan Bank lndonesia optimis ekonomi tahun ini akan tumbuh hingga 5,4 persen.

Sebelumnya Bank Indonesia telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 5,1 persen sampai 5,4 persen.

"Ini menurun karena memang penyebaran Covid-19 ini berdampak tapi bank sentral optimis ekonomi tahun ini bisa tumbuh hingga 5,4 persen," ujarnya di Bandung, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Corona Buat Laju Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kian Berat

Oleh sebab itu Wira mengatakan Bank Indonesia bersama pemerintah perlu melakukan beberapa hal. Salah satunya seperti yang telah dilakukan BI kemarin telah menurunkan suku bunga 25 bps menjadi 4,75 persen.

Selain itu Wira menyebutkan perlu dilakukan dari sisi otoritas fiskal. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan belanja pemerintah dan mendorong reforma struktural yang dilakukan pemerintah dalam hal infrastruktur dan soft infrastruktur.

"Dari sisi infrastruktur konstruksi itu jalan tol segala macam yang butuh waktu juga. Kemudian proyek strategi nasional yang terus berjalan itu juga tambah investasi pada sektor bangunan ke depannya," sambungnya.

Wira juga mengatakan Covid-19 ini memang cukup memiliki banyak dampak negatif terutama bagi sektor ekonomi Indonesia. Hal itu terjadi karena China memang memiliki peran penting bagi Indonesia, mulai ketersediaan bahan baku hingga wisatawan.

Tercatat, China menyumbang devisa ke dalam negeri, setidaknya 2.385 juta dollar AS, dengan pangsa pasar sebesar 14,1 persen dari total devisa negara.

"Kita tahu, China merupakan salah satu negara besar yang menjadi mitra dagang utama kita belum lagi penyumbang wisatawan terbanyak," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X