Mau Tahu Cara Pakai Kartu Kredit yang Tak Kena Bunga?

Kompas.com - 01/03/2020, 11:31 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.

KOMPAS.com - Adanya kartu kredit memang dampaknya berbeda untuk setiap orang. Kartu kredit bisa berdampak positif bagi seseorang karena manfaatnya cukup banyak.

Namun di samping itu, kartu kredit juga bisa berdampak negatif karena memberikan bunga yang dinilai menyulitkan sebagian penggunanya. Kebanyakan bunga bank pada kartu kredit memanglah bisa dibilang tinggi.

Penggunanya tetap harus menerima karena kartu kredit termasuk jenis pinjaman yang tidak memerlukan jaminan. Banyak orang yang masih membutuhkan manfaat kartu kredit meskipun memiliki bunga yang tinggi.

Sebenarnya ada beberapa tips yang jika dilakukan dapat membantu Anda terbebas dari bunga kartu kredit. Mau tahu caranya biar pemakaian kartu kredit tak dikenakan bunga? Intip cara berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Usahakan Tidak Bayar Tagihan dengan Jumlah Terendah

Bank memberikan keringanan kepada setiap anggota pemegang kartu untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan menggunakan metode pembayaran dengan nominal terkecil atau minimum payment. Metode tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan dalam jumlah yang kecil.

Biasanya 10 persen dari keseluruhan total tagihan bulanan Anda atau minimal Rp50.000. Jadi, misalnya pada bulan Desember Anda memiliki total tagihan sebesar Rp1.000.000 dan saat itu keuangan sedang sulit maka Anda diperbolehkan hanya membayar 10 persen-nya ketika tagihan bulanan datang.

Memang terlihat meringankan, namun Anda akan dikenai bunga senilai 2,95 oersen pada tagihan bulan selanjutnya. Bunga sebesar 2,95 persen diambil dari total tagihan yaitu sebesar Rp 1.000.000.

2. Bayar Tagihan secara Lunas

Hampir sama jika Anda membayar tagihan dengan minimum payment, Anda juga akan dikenai bunga jika tidak membayar tagihan secara penuh.

Besar bunga yang dikenai jika Anda tidak melakukan pembayaran secara penuh sama dengan jika Anda melakukan pembayaran dengan minimum payment yaitu 2,95% dari total tagihan bulan tersebut.

Jadi, misalnya pada bulan Januari Anda memiliki tagihan sebesar Rp1.000.000, ketika waktunya membayar tagihan Anda hanya mampu membayar sebesar Rp950.000. Jadi Anda masih memiliki kekurangan pembayaran sebesar Rp50.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X