Jangan Panik, Lakukan ini Bila Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM

Kompas.com - 01/03/2020, 12:32 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah kartu kredit Anda tertelan mesin ATM? Kartu kredit tertelan yaitu ketika Anda melakukan transaksi di ATM kemudian kartu tidak bisa keluar dengan sendirinya. Istilah tersebut biasa disebut dengan kartu kredit tertelan.

Tidak hanya kartu debit saja, kartu kredit bisa tertelan. Ketika kartu kredit tertelan, Anda tidak perlu panik karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat kartu kredit itu tertelan mesin ATM? Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebab kartu kredit bisa tertelan mesin ATM seperti dikutip dari Cermati.com.

Penyebab kartu kredit bisa tertelan

Tentu saja kartu kredit tertelan di mesin ATM bukan tanpa alasan. Ada cukup banyak penyebab kartu kredit, kartu debit, maupun kartu ATM bisa tertelan. Namun dari banyaknya penyebab yang ada, umumnya kartu kredit tertelan karena 3 hal berikut ini:

1. Pengguna yang terlalu lama tidak mencabut kartu

Banyak yang masih menyepelekan hal ini ketika mengambil uang atau melakukan transaksi di ATM. Kebanyakan pengguna lebih memilih menghitung uang terlebih dahulu sehingga lupa untuk mengambil kartu kreditnya dari mesin ATM.

Padahal seharusnya kartu kredit harus segera ditarik, jika tidak ditarik maka kartu akan masuk kembali ke mesin dan tertelan. Jadi Anda tidak boleh lupa mencabut kartu kredit sesegera setelah kartu keluar dari mesin ATM.

2. Mesin ATM yang error atau hang karena listrik mati secara tiba-tiba

Mesin ATM bekerja dengan listrik, jadi jika listrik tiba-tiba mati ketika Anda belum selesai melakukan transaksi maka kartu Anda akan tertelan. Kartu tersebut tidak akan keluar lagi meskipun listrik segera menyala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini tidak dapat dicegah karena kita tidak tahu kapan listrik akan mati. Jika memang listrik mati saat Anda melakukan transaksi mungkin Anda memang dalam keadaan tidak beruntung.

3. Salah memasukkan PIN

Salah tiga kali dalam memasukkan PIN juga bisa menjadi salah satu penyebab kartu kredit Anda tertelan mesin. Ketika Anda lupa PIN atau dalam keadaan tidak fokus dalam memasukkan PIN, mungkin hal tersebut menjadi penyebabnya. Jadi Anda harus selalu fokus saat memasukkan PIN agar tidak salah sebanyak 3 kali.

Cara Mengatasi Kartu Kredit yang Tertelan Mesin ATM

Sebenarnya, kartu kredit tertelan merupakan bentuk security yang diberikan oleh bank untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak berhak. Kartu kredit yang lupa tidak dicabut bisa diambil orang lain jika Anda meninggalkannya, maka mesin ATM menelannya agar tidak diambil orang lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.