Layanan KA Bandara Adi Sumarmo sampai ke Klaten, Harga Disubsidi

Kompas.com - 01/03/2020, 15:20 WIB
Bandara International Adi Sumarmo, Boyolali, Kamis (2/3/2017). M Wismabata/KOMPAS.comBandara International Adi Sumarmo, Boyolali, Kamis (2/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan Budi Karyasumadi memberikan subsidi Public Service Obligation (PSO) KA Lokal untuk harga tiket KA Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS), Solo yang mulai diberlakukan mulai hari ini, Minggu (1/3/2020).

Sebelumnya, pemerintah telah memberikan kebijakan untuk menggratiskan operasional KA BIAS sejak dua bulan lalu yang berakhir pada 29 Februari 2020 kemarin.

“Dengan subsidi ini diharapkan masyarakat agar semakin berminat menggunakan KA. Selain itu juga diharapkan dapat mengurangi beban jalan dan penggunaan kendaraan pribadi, sehingga mengurangi kepadatan jalan di kota Solo,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (1/3/2020).

Dengan adanya subsidi dari pemerintah, harga tiket KA BIAS yang ditetapkan yaitu untuk rute Stasiun Klaten - Solo Balapan - Kadipiro harga tiketnya Rp.8.000, sementara untuk rute Stasiun Klaten - Solo Balapan - Bandara Internasional Adi Soemarmo sebesar Rp 10.000.

Selama bulan Maret untuk promosi, sementara mulai April tarif tiket yang Rp 10.000 menjadi Rp 15.000. Dengan dua jenis layanan ini akan terdapat dua peningakatan, pertama ada penambahan kapasitas Kereta Api Prameks antara Klaten - Solo dan pelayanan akses bandara dari sekitar Solo dan Klaten.

Sebagai informasi, uji coba pengoperasian KA BIAS pertama kali sejak 29 Desember 2019 dan tidak berbayar atau gratis, dengan lintas layanan Solo Balapan-Bandara Adi soemarmo dengan frekuesi 30 perjalanan dan 12 perjalanan.

Selama 2 bulan uji coba, terdapat peningkatan pelayanan yaitu berupa penambahan kapasitas KA Prameks antara Klaten - Solo dan pelayanan akses bandara dari sekitar Solo dan Klaten.

Dari evaluasi selama dua bulan beroperasi, tingkat keterisian atau okupansi penumpang KA Bias ini cukup besar yakni total 190.283 selama 63 hari sejak 29 Desember atau rata rata 3.020 penumpang per hari dengan rata rata okupansi sebesar 46 persen.

Dengan beroperasinya KA ini, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan layanan KA ini untuk melakukan aktivitasnya, baik itu ke Bandara atau ke Solo, Klaten dan sebaliknya. Penggunaan moda KA diharapkan semakin mempermudah dan mempercepat perjalanan juga keselamatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X