Punya Harta Miliaran di Usia 25 Tahun, Simak Rahasia Pria Ini

Kompas.com - 02/03/2020, 06:39 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika berusia 25 tahun, Todd Baldwin telah mencatatkan kekayaan bersih senilai 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 14 miliar.

Kini di usianya yang ke 27, setidaknya dia membukukan pendapatan sebesar 615.000 dollar AS atau Rp 8,61 miliar. Adapun jika dikurangi dengan pengeluaran bisnis, Baldwin dalam setahun mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 4.27 miliar.

Pendapatan pemuda milenial ini bersumber dari berbagai hal, mulai dari menyewakan properti, pekerjaan sehari-harinya di sebuah perusahaan asuransi, dan uang tunai tambahan yang dia dapatkan sebagai seorang secret shopper.

Baca juga: Karena Wabah Corona, China Lahirkan Lebih Banyak Miliarder, Kok Bisa?

Sebagian besar pendapatan Baldwin berasal dari enam properti yang dia dan istrinya sewakan. Untuk itu, Baldwin mampu mengantongi setidaknya Rp 6,4 miliar. Namun, setelah dipotong KPR, pajak, asurans,i dan biaya perawatan merekaa bisa membukukan sekitar Rp 2,1 miliar per tahun.

"Meskipun kekayaan bersih kami mencapai tujuh digit (dalam dollar AS), kami tidak melakukan banyak hal yang dilakukan kebanyakan jutawan lain. Kami sangat hemat,”kata Baldwin.

Dia dan istrinya memakai cincin kawin karet seharga 12 dollar AS dan menggunakan mobil Ford Focus keluaran 2009 untuk kegiatan sehari-hari.

Karena ongkos hidupnya yang rendah, ia bisa menghemat lebih dari 80 persen pendapatan yang ia miliki.

Baca juga: Dear Milenial, Ini Solusi Biaya Nikah yang Kian Mahal

Seperti dikutip dari CNBC Make It, jutawan milenial tersebut mengatakan ogah menggunakan uangnya untuk beberapa hal. Salah satunya, dia menolak membayar untuk menikmati hiburan seperti menonton film di bioskop atau makan di restoran.

"Namun hal itu karena saya mengetahui cara untuk bisa tetap dibayar dalam melakukan keduanya," ujar dia.

Sebagai seorang secret shopper, Baldwin justru mendapatkan bayaran ketika dirinya menonton film di bioskop, pergi ke tempat-tempat hiburan seperti kasiono, menginap di hotel, bahkan ketika dirinya memenuhi kebutuhan belanja bulanan.

"Ada banyak bisnis di luar sana yang ingin tahu bagaimana kinerja karyawan mereka dan bagaimana pasar merespons produk mereka," ujar Baldwin.

"Jadi, perusahaan-perusahaan itu akan mempekerjakan perusahaan-perusahaan belanja misteri untuk menemukan kontraktor independen seperti saya untuk berpose di tempat mereka sebagai pelanggan tetap, membeli produk atau layanan dan kemudian melaporkannya," jelas dia.

Baca juga: Mengenal Porang, Tanaman yang Bikin Banyak Petani Jadi Miliarder

Sejak dia menjadi secret shopper di bangku kuliah, Baldwin mampu menghasilkan sekitar 30.000 dollar AS.

"Jika seorang teman ingin pergi ke bar atau menonton film keluaran baru, saya biasanya menunggu sampai bisa mendapatkan tawaran secret shopping. Karena, selain Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan secara gratis, Anda juga dibayar untuk itu," jelas dia.

Karena hal itu, Baldwin dan istrinya hanya perlu mengeluarkan ongkos 25 dollar AS atau Rp 350.000 untuk makan dalam sebulan.

"Hal lain yang tidak akan saya gunakan dengan uang yang saya dapatkan adalah untuk biaya rekening bank atau biaya kartu kredit yang tidak perlu," kata Baldwin.

Namun demikian, bukan berarti dia tidak menggunakan kartu kredit. Dia memiliki 13 kartu kredit, namun dirinya selalu membayarkan tagihan kartu kreditnya tepat waktu.

Baldwin, yang dibesarkan oleh seorang ibu tunggal dan mulai bekerja ketika dia berusia 12 tahun, merasa senang karena menabung.

"Sebenarnya sangat menyenangkan bisa membeli sesuatu dan kemudian memilih untuk tidak melakukannya," katanya.

Ketika dia memutuskan untuk membeli sesuatu dirinya akan melakukan berbagai perhitungan.

“Saya dan istri saya ingin memulai sebuah keluarga dalam beberapa tahun mendatang, dan saya berpikir kami mungkin akan mendapatkan SUV. Saya mencari yang harganya sekitar 60.000 dollar AS,” ujar dia.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?

Namun setelah menghitung beberapa hal, mereka memutuskan untuk mengarahkan kembali uang itu ke tempat lain.

"Kami mengambil 60 ribu dan membeli properti sewaan lainnya - dan sekarang arus kas properti adalah itu 4.000 dollar AS per bulan," sebutnya.

"Akhirnya, pendapatan dari sewa properti itu bisa membayar empat SUV yang saya sukai," tambah dia.

Baldwin pun mengatakan, satu-satunya hal yang dia sukai ketika berbelanja adalah ketika hal itu untuk istrinya. Namun kenyataannya sang istri jauh lebih hemat darinya.

“Beberapa tahun yang lalu, saya membelikannya dompet desainer seharga 500 dolar AS. Tetapi ketika saya memberi dia kejutan dengan itu, dia segera mengambilnya kembali, menukarnya dengan dompet seharga 60 dollar AS di Macy's dan kemudian kami menginvestasikan sisanya," ujar Baldwin.

Baca juga: Miliarder Dunia Terus Bertambah, Ini Penyebabnya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X