Dampak Corona, Kunjungan Wisman Turun di Januari 2020

Kompas.com - 02/03/2020, 13:33 WIB
Ilustrasi wisatawan mancanegara menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu. SHUTTERSTOCK/MAZUR TRAVELIlustrasi wisatawan mancanegara menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Januari 2020 sebesar 1,27 juta kunjungan. Jika dibandingkan pada bulan Desember 2020, maka jumlah wisman turun sebesar 7,62 persen.

"Kalau detail pada Januari 2020 ada 1,27 juta. Menurun dibandingkan dengan Desember 2019, Desember ada 1,37 juta orang," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Penurunan wisman pada Januari 2020 disebabkan oleh mewabahnya virus corona (Covid-19). Yunita mengungkap, terjadi penurunan yang terlihat pada minggu ke-4 Januari, ketika virus corona mulai terungkap dan menyebar.

Baca juga: Dua WNI Positif Corona, IHSG Langsung Anjlok

"Ini ada 2 kejadian. Di mana ada imlek tapi sekaligus ada virus. Virus itu mulainya di minggu terakhir bulan Januari. Kalau lihat data mingguan, itu kelihatan minggu ke empat beberapa negara mengalami penurunan," ujarnya.

Kendati demikian secara tahunan (year on year/yoy) jumlah wisman masih naik sebesar 5,85 persen. Namun, kenaikan tersebut lebih rendah dibanding kenaikan pada Januari 2019 ke Januari 2018 (yoy) sebesar 9,5 persen. 

Yunita bilang, kenaikan pada Januari 2020 disebabkan adanya momen imlek yang jatuh pada tanggal 25 januari 2020 lalu.

Baca juga: Dampak Corona, Giliran American Airline Tangguhkan Penerbangan ke Milan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X