BI Yakin Inflasi Tetap Stabil Sepanjang 2020, Ini 4 Alasannya

Kompas.com - 02/03/2020, 20:20 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini, angka inflasi hingga akhir tahun 2020 tetap terjaga dan rendah sesuai sasaran 3 persen plus minus 1 persen.

Ada 4 alasan yang memastikan inflasi tetap terjaga stabil serta rendah dari sasaran tersebut.

"Kami yakin inflasi bahwa tahun ini, inflasi akan tetap rendah dan terkendali di dalam sasaran 3 persen plus minus 1 persen. Alasannya ada 4. Satu, permintaan di dalam ekonomi kita masih lebih rendah dari kapasitas produksi," katanya di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Bawang Putih hingga Emas Melonjak, Inflasi Februari 0,28 Persen

"Kalau istilah teknisnya, kesenjangan output itu masih negatif sehingga kenaikan permintaan dan dampaknya terhadap inflasi itu sangat kecil," lanjut Perry.

Alasan kedua, lanjut dia, karena harga impor yang turun atau rendah sehingga dampaknya terhadap inflasi juga rendah. Ketiga, dampak dari pergerakan kurs rupiah terhadap inflasi juga rendah.

Lantaran, pergerakan nilai tukar rupiah di pasar spot sempat melemah selama sepekan hingga menyentuh Rp 14.000, namun menurut dia itu hanya bersifat sementara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami yakin bahwa pelemahan rupiah ini temporary atau shortly. Karena memang kenaikan premier risiko di global. Bukan karena fundamental," ujarnya

Baca juga: BI Prediksi Inflasi Februari Lebih Rendah dari Januari

Kondisi saat ini dengan adanya virus corona yang mewabah ke sejumlah negara termasuk Indonesia, membuat investor global seluruh dunia mengalami risk off.

"Jadi, mereka lepas dulu, kemudian nanti beli lagi sehingga secara keseluruhan kita meyakini rupiah bergerak stabil," katanya.

Alasan terakhir tetap terjaganya inflasi yakni, koordinasi Bank Indonesia dengan pemerintah dalam menangani pengendalian harga bahan pangan di pasaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.