Setelah Anjlok, Harga Emas Dunia Melonjak 28 Dollar AS

Kompas.com - 03/03/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melonjak pada akhir perdagangan Senin (2/3/2020) waktu setempat, (Selasa pagi WIB), setelah mengalami penurunan paling tajam sejak 2013 di sesi sebelumnya.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April menguat 28,1 dollar AS atau 1,79 persen, menjadi 1.594,8 dollar AS per ounce.

Pada sesi sebelumnya emas berjangka anjlok 75,80 dollar AS atau 4,6 persen, ke posisi 1.566,70 dollar AS.

Logam mulia ini mendapat sentimen positif seiring dengan bank-bank sentral yang berjanji untuk bertindak secara tepat guna mengurangi dampak virus corona.

Baca juga: Awal Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 4.000

"Kami melihat sedikit pemulihan dari akhir pekan lalu, (ketika) ada banyak penjualan untuk menghasilkan likuiditas dan menutupi margin," kata Ryan McKay, ahli strategi komoditas di TD Securities seperti dikutip Reuters.

"Ada banyak harapan pada penurunan suku bunga dari The Fed, dan juga pemotongan dari bank sentral global lainnya ... menawarkan dukungan yang sangat baik," tambah dia.

Pada Jumat (28/2/2020), Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengeluarkan pernyataan yang tidak terjadwal dan jarang terjadi. Dalam pernyataannya itu, Powell menekankan niat bank sentral untuk bertindak secara tepat buat mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh virus corona.

"Bank sentral AS akan bertindak sesuai untuk mendukung ekonomi pada latar belakang wabah virus," kata dia.

Sementara Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda mengatakan, pada Senin (2/3/2020) bahwa bank sentral akan mengambil langkah-langkah untuk memantapkan pasar, dan meningkatkan likuiditas melalui operasi pinjaman jangka pendek dan pembelian aset.

Baca juga: Harga Emas Berjangka Anjlok 75 Dollar AS, Apa Sebabnya?

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X