Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Tanda Anda Harus Pertimbangkan Ganti Pekerjaan

Kompas.com - 03/03/2020, 13:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Seringkali sulit rasanya mengetahui bahwa ini saatnya Anda harus ganti pekerjaan. Apalagi jika Anda tak yakin karier seperti apa yang Anda inginkan.

Akan tetapi, sebetulnya ada beberapa tanda yang bisa Anda sadari merupakan sinyal pekerjaan Anda saat ini harus ditinggalkan.

Dikutip dari Forbes, Selasa (3/3/2020), berikut 4 tanda Anda harus berganti pekerjaan.

1. Anda takut pergi ke kantor

Jika Anda bangun setiap pagi dan harus bernegosiasi dengan diri sendiri untuk bangkit dari ranjang dan berangkat kerja, maka ini mungkin saatnya memikirkan kembali apakah pekerjaan yang sekarang cocok untuk Anda.

Baca juga: Mau Memutuskan Resign? Ini Etika yang Perlu Diperhatikan

Bila Anda tidak pernah merasa semangat untuk pergi ke kantor, tidak peduli dengan rekan-rekan kerja, dan mencari alasan untuk tidak bekerja atau sakit, maka seharusnya Anda resign alias mengundurkan diri saja.

Sebab, tidak semua orang menyukai karier yang mereka pilih, namun tidak semua orang membencinya juga.

2. Anda bersikap apatis

Apabila Anda cenderung cuek terhadap kualitas pekerjaan Anda, perilaku Anda di kantor, atau hubungan Anda dengan rekan-rekan kerja, ini adalah tanda-tanda nyata Anda harus memikirkan kembali pekerjaan, karier, dan mulai mempertimbangkan jenis pekerjaan yang mungkin membuat Anda semangat.

Anda menghabiskan banyak persentase kehidupan Anda untuk bekerja. Maka, Anda harus menikmati waktu-waktu tersebut dan menemukan maknanya.

Baca juga: Ingin Resign? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

3. Lingkungan kerja toxic

Bila perusahaan Anda menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang bagus, maka Anda juga akan dikelilingi orang-orang yang berkualitas.

Faktor-faktor seperti itu akan mendorong Anda bersemangat dan membangun kualitas diri, bekerja lebih keras, serta menjadi pribadi yang lebih baik dan profesional.

Akan tetapi, sebaliknya pun demikian. Jika Anda berada di lingkungan kerja yang toxic alias menguarkan aura-aura negatif, maka rekan kerja Anda pun tak akan jauh berbeda. Potensi Anda untuk tumbuh juga sirna.

Jika Anda tahu perusahaan dan rekan-rekan kerja menghambat potensi Anda untuk berkembang, sudah saatnya meninggalkan perusahaan semacam itu.

Baca juga: 8 Upaya yang Bisa Dilakukan Perusahaan Cegah Karyawan Ingin Resign

4. Anda tidak melihat masa depan

Apabila tidak ada jalan peningkatan karier atau kemungkinan untuk promosi jabatan sangat tipis, maka saatnya Anda mempertimbangkan untuk berganti pekerjaan. Saatnya Anda bertanya pada diri sendiri, di mana Anda seharusnya berada.

Atau, jika Anda merasa tidak bahagia dan tak bisa melihat diri sendiri di pekerjaan saat ini atau perusahaan yang sekarang, sudah saatnya Anda resign.

Temukanlah karier yang memberikan makna pada diri Anda. Bekerjalah pada perusahaan yang menghargai keberadaan Anda.

Baca juga: 1.332 CEO di Dunia Resign Tahun Ini, Ada Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com