Erick Thohir Minta Perusahaan BUMN Sediakan Hand Sanitizer di Pusat Keramaian

Kompas.com - 03/03/2020, 14:01 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta kepada perusahaan-perusahaan pelat merah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Perusahaan-perusahaan tersebut diminta menyediakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di semua pusat keramaian publik yang dikelolanya.

“Semua BUMN yang berhubungan dengan pelayanan publik harus menyiapkan hand sanitizer. (Misalnya) menyediakan hand sanitizer di terminal, bandara dan gerbong kereta api. Karena kuncinya cuci tangan, jadi jangan khawatir,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Antisipasi Dampak Corona, Erick Thohir Minta Bulog Cek Ketersediaan Stok Pangan

Mengenai pembagian masker, Arya menilai hal tersebut belum perlu dilakukan. Sebab, menurut dia yang lebih penting menggunakan masker adalah orang yang diduga terinfeksi atau suspect virus corona.

“Seperti kata WHO, yang pakai masker itu yang sakit. Yang sehat seperti kita ngapain pakai masker,” kata Arya.

Selain itu, perusahaan-perusahaan BUMN juga diminta mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu kepada masyarakat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“BUMN akan sosialisasi ke masyarakat untuk membersihkan tangan, disamping itu BUMN juga akan menyediakan hand sanitizer di pusat keramaian,” ucap dia.

Baca juga: Sepak Terjang Erick Thohir Sebelum Dipanggil Jokowi Urusi BUMN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, Senin (3/3/2020) siang, mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona.

WNI tersebut diidentifikasi sebagai Pasien 1 (31 tahun) dan Pasien 2 (64 tahun).

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X