Sore Hari, Harga Emas Naik ke 1.596,14 dollar AS Per Troy Ounce

Kompas.com - 03/03/2020, 15:57 WIB
Ilustrasi emas. SHUTTERSTOCKIlustrasi emas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas masih menguat selepas tengah hari ini. Melansir Bloomberg pada Selasa (3/3/2020) pukul 13.58 WIB, harga emas spot naik 0,42 persen ke 1.596,14 dollar AS per troy ounce.

Sementara harga emas Comex untuk pengiriman April 2020 naik 0,16 persen ke level  1.597,40 dollar AS per troy ounce.

"Harga emas mulai pulih dari pekan lalu ketika banyak aksi jual untuk menarik likuiditas dan menutup margin," kata Ryan McKay, commodity strategist TD Securities kepada Reuters sebagaimana dikutip Kontan.co.id.

McKay mengatakan, ada banyak ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve pada pertemuan Maret dua pekan lagi.

"Ada pula pemangkasan bank-bank sentral lain yang menjadi support harga emas," kata McKay.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral akan bertindak sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung ekonomi yang tertekan akibat virus corona.

Bahkan, trader bertaruh bahwa The Fed akan memangkas suku bunga hingga 50 basis point bulan ini. Suku bunga yang lebih rendah akan mengurangi opportunity cost memegang emas, menurunkan yield US Treasury dan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Stephen Innes, chief market strategist AxiCorp mengatakan bahwa korelasi negatif antara dolar AS dan emas kembali muncul sejak pesona dolar sebagai safe haven memudar.

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sore hari, harga emas nangkring di US$ 1.596 per ons troi di pasar spot



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X