Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Bea dan Cukai Tak Beri Perlakuan Khusus Barang Kiriman meski Ada Wabah Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 16:31 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengaku belum melakukan perlakuan khusus terhadap barang kiriman.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai Syarif Hidayat terkait dengan wabah virus corona.

Ia mengatakan, berdasarkan standar operasional yang berlaku dan informasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona tidak menyebar melalui barang.

"Mengacu penjelasan Kemenkes saja karena kami bukan ahlinya. Dari sisi kami tidak khawatir mengenai barang-barang yang dikirimkan, karena tidak dikategorikan sebagai pembawa (virus), tidak ada sama sekali," ujar Syarif ketika memberi penjelasan kepada awak media di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Rekam Jejak 4 Calon CEO Ibu Kota Baru, Ahok Hingga Azwar Anas

Syarif pun mengatakan, sejak ada kasus virus corona yang merebak dari China, terjadi kemerosotan volume barang kiriman.

Namun, ia mengatakan, penurunan juga terjadi akibat kebijakan penurunan ambang batas atau deminimis value untuk impor barang kiriman menjadi hanya 3 dollar AS di awal tahun.

Dia memaparkan, dari sisi volume netto pengiriman terjadi penurunan 61 persen, sedangkan nilai impor barang kiriman turun 63,6 persen dan dari dokumen sebesar 65 persen.

"Ini kami pikir tidak hanya karena PMK 199, tapi ada juga faktor perpanjangan libur Imlek (di China) dan virus corona yang menyebabkan penurunan dari sisi nilai barang kiriman pasca-aturan itu diumumkan 31 Januari," ujar dia.

Baca juga: Simak Tips Sebelum Mengambil Pinjaman Online

Hingga saat ini, pengamanan barang terus dilakukan oleh petugas Bea dan Cukai yang berada di lapangan. Beberapa hal yang dilakukan yaitu dengan penggunaan masker, sarung tangan, dan imbauan untuk rajin melakukan cuci tangan setelah melakukan pekerjaan.

"SOP dari kementerian/lembaga lain, teman-teman di lapangan melakukan pengamanan diri sendiri, seperti pakai masker, sarung tangan, rajin melakukan cuci tangan pasca-melakukan pekerjaan," jelas Syarif.

"Khususnya atensi ke negara-negara suspect WHO," ujar dia.

Baca juga: Imbas Corona, Penjual Jamu Keluhkan Meroketnya Harga Bahan Baku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com