Tak Hanya di Indonesia, Produk Ini Laris Diborong Warga AS karena Corona

Kompas.com - 04/03/2020, 12:35 WIB
Ilustrasi: Toko ritel modern thikstockphotosIlustrasi: Toko ritel modern

NEW YORK, KOMPAS.com - Panic buying tengah melanda berbagai negara yang penduduknya terindikasi virus corona. Tak berbeda dengan Indonesia, di Amerika ada tiga produk diserbu masyarakat, seperti cairan pembersih tangan, tisu pembersih, dan tisu toilet.

Sementara itu, produk-produk lain yang berkaitan dengan penangan kesehatan karena epidemi virus corona membuat antrean panjang di toko-toko.

Ini sekaligus membuat saham-saham consumer goods di AS melonjak, seperti saham Costco (COST), Walmart (WMT), Walgreens (WBA), dan saham ritel lainnya.

"Rasanya seperti ada sedikit panic buying yang terjadi," kata Doug Baker, wakil presiden hubungan industri di kelompok perdagangan Food Marketing Institute, seperti dikutip CNBC, Rabu (4/3/2020).

Di sisi lain, ritel berusaha mengikuti demand. Analis memperkirakan, panic buying ini akan meningkatkan pendapatan bagi pengecer di awal tahun.

Dalam empat minggu, penjualan cairan pembersih tangan meningkat 73 persen, termometer tumbuh 47 persen, dan masker medis meningkat 319 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Kami mengharapkan ada pertumbuhan dari penjualan yang cepat, karena pembeli membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya," kata analis Cowen Oliver Chen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peningkatan permintaan juga akan menjadi tantangan bagi rantai pasokan pengecer dan pedagang grosir. Namun, kondisi ini tidak karena bencana alam, yang biasanya merupakan peristiwa regional, panic buying ini disebabkan akibat virus corona yang menyebar secara global.

"Pola yang kami lihat, orang bersiap menghadapi badai besar di mana kategori-kategori tertentu, seperti persediaan pembersih, akan banyak diminati," kata juru bicara Walmart.

Perusahaan bekerja sama dengan pemasok untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Dennis Curtin, juru bicara Weis Markets, mengatakan, Weis meningkatkan fokusnya untuk mengamankan (stok) cairan pembersih tangan di toko-toko karena produsen nasional mulai menipis.

"Kami bekerja untuk menjaga rak-rak kami penuh dengan produk-produk yang dibutuhkan layaknya saat terjadi badai salju di mana banyak orang terjebak di rumah," kata Andrea Karns, wakil presiden penjualan dan pemasaran di Karns Foods.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.