Insentif untuk Turis Asing Ditunda, Ini Kata Sri Mulyani

Kompas.com - 04/03/2020, 16:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (26/2/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk menunda pemberian insentif bagi wisatawan asing. Hal tersebut sebelumnya sempat diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/3/2020).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pihaknya masih memantau lebih lanjut perkembangan virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian.

Ditambah lagi, sudah ada kasus positif virus corona yang menimpa WNI di Indonesia.

"Nanti kita lihat, timing apalagi berhubungan dengan trip kita harus menyesuaikan berdasarkan perkembangan munculnya virus corona di sini," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Ada Virus Corona, Bukit Asam Sebut Ekspor Batu Bara Bisa Meningkat

Lebih lanjut dirinya menjelaskan pemerintah di dalam sidang kabinet telah membentuk satuan tugas (satgas) yang dikoordinasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga dan Kementerian Kesehatan.

Nantinya, stimulus yang diberikan oleh pemerintah bakal disesuaikan dengan tingkat risiko dari virus tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehingga instrumen untuk memberikan stimulus akan menyesuaikan dengan tingkat risiko itu, kalau misalkan risiko kita akan mengurangi dari sisi interaksi berarti risikonya harus di-adjust dari sisi instrumen yang akan kita pakai," ucap dia.

"Kalau nanti tujuan untuk stimulus kita harus cari timing-nya yang tepat. Jadi ini semuanya akan fleksibel koordinator di antara para menteri dan pemerintah daerah untuk sama-sama betul melihat perkembangan yang ada," tambah dia.

Baca juga: Ini Langkah Angkasa Pura I Cegah Penyebaran Virus Corona di Bandara

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.