Kompas.com - 05/03/2020, 13:56 WIB
Kendaraan yang akan menyeberang ke Bali menunggu antrean masuk ke kapal  di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). Data ASDP Ketapang menunjukkan, pada arus mudik masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Ketapang menuju Bali terhitung dari 23 Desember pukul 08.00 Wib hingga 24 Desember pukul 08.00 mencapai 42.063 penumpang atau meningkat 26 persen dibandingkan 2018 lalu. ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYAKendaraan yang akan menyeberang ke Bali menunggu antrean masuk ke kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). Data ASDP Ketapang menunjukkan, pada arus mudik masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Ketapang menuju Bali terhitung dari 23 Desember pukul 08.00 Wib hingga 24 Desember pukul 08.00 mencapai 42.063 penumpang atau meningkat 26 persen dibandingkan 2018 lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan langkah mitigasi penyebaran corona di seluruh pelabuhan yang dikelolanya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, langkah mitigasi penyebaran virus corona akan dibagi menjadi dua.

Pertama, kepada pihak eksternal atau penumpang, ASDP akan membagi-bagikan masker di pelabuhan, pengecekan suhu tubuh, penempatan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di pelabuhan dan kapal serta sosialisasi pencegahan.

Kedua, bagi kalangan internal, pencegahan kepada lingkungan karyawan dan kantor dengan pengecekan suhu tubuh setiap masuk kantor, penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor serta membentuk tim tanggap bencana virus.

Baca juga: Terapkan Kuota Pembelian, Ace Hardware Klaim Jual Masker dengan Harga Normal

“Kami sangat concern dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini. Tentu kami meminta kerjasama seluruh pihak agar meningkatkan kewaspadaan, untuk meminimalisir potensi terjadinya penularan, khususnya di ruang publik,” ujar Imelda dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/3/2020).

Imelda menambahkan, pihaknya juga akan berkordinasi dengan instansi kesehatan (Kantor Kesehatan pelabuhan, Puskesmas, RSUD) terdekat untuk pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh dan sosialisasi pencegahan corona di lingkungan pelabuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, Senin (3/3/2020) siang, mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.