Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, ASDP Akan Bagikan Masker di Pelabuhan

Kompas.com - 05/03/2020, 13:56 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan langkah mitigasi penyebaran corona di seluruh pelabuhan yang dikelolanya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, langkah mitigasi penyebaran virus corona akan dibagi menjadi dua.

Pertama, kepada pihak eksternal atau penumpang, ASDP akan membagi-bagikan masker di pelabuhan, pengecekan suhu tubuh, penempatan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di pelabuhan dan kapal serta sosialisasi pencegahan.

Kedua, bagi kalangan internal, pencegahan kepada lingkungan karyawan dan kantor dengan pengecekan suhu tubuh setiap masuk kantor, penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor serta membentuk tim tanggap bencana virus.

Baca juga: Terapkan Kuota Pembelian, Ace Hardware Klaim Jual Masker dengan Harga Normal

“Kami sangat concern dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini. Tentu kami meminta kerjasama seluruh pihak agar meningkatkan kewaspadaan, untuk meminimalisir potensi terjadinya penularan, khususnya di ruang publik,” ujar Imelda dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/3/2020).

Imelda menambahkan, pihaknya juga akan berkordinasi dengan instansi kesehatan (Kantor Kesehatan pelabuhan, Puskesmas, RSUD) terdekat untuk pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh dan sosialisasi pencegahan corona di lingkungan pelabuhan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, Senin (3/3/2020) siang, mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com