Starling Kini Punya Pesaing, Startup Ini Jual Kopi Pakai Sepeda Listrik

Kompas.com - 05/03/2020, 20:05 WIB
CEO Jago Coffee Yoshua Tanu mencoba Sepeda listrik Jago Coffee di Jakarta, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.com/ELSA CATRIANACEO Jago Coffee Yoshua Tanu mencoba Sepeda listrik Jago Coffee di Jakarta, Kamis (5/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com -Salah satu startup, Jago Coffee terjun dalam bisnis penjualan kopi yang dilakukan menggunakan sepeda listrik.

Usaha penjualan kopi menggunakan sepeda secara keliling bukan hal baru. Di Jakarta khususnya, banyak penjual kopi menggunakan sepeda yang biasa disebut Starling atau "Starbucks" keliling.

CEO Jago Coffee Yoshua Tanu mengatakan, ide ini dikeluarkan melihat peluang pasar akan kopi sangat besar. Namun Jago Coffee ingin membuat sesuatu hal yang baru dan berbeda.

"Kalau sekarang banyak kopi keliling yang menawarkan harga murah karena yang dijual adalah kopi saset," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Garuda Tetap Layani Penerbangan dari Korsel Meski Ada Larangan Pendatang

"Kami ingin menawarkan kualitas dan rasa yang baik dan menawarkan experience bagaimana kopi berkualitas disajikan oleh barista terlatih dan uniknya kopi dijual keliling menggunakan motor listrik," sambungnya.

Saat ini, barista Jago Coffee yang berkeliling ada 8 orang. Penjualannya menggunakan sepeda listrik yang disebut Cart.

Yoshua menyebutkan, sudah mengeluarkan kurang lebih Rp 3 miliar untuk investasi bisnis penjualan kopi menggunakan sepeda listrik.

Baca juga: Siap-siap, Hasil SKD CPNS Bakal Diumumkan Serentak

Perhitungan satu set sepeda listrik atau cart meliputi kopi, alat kopi dan biaya pembelian sepeda listriknya sebesar Rp 45 juta.

"Sekarang kan ada 8 cart yang sudah jalan tapi jumlah totalnya ada 50 cart. Hah satu cart-nya Rp 45 juta udah satu set dengan kopi, alat dan biaya sepeda listriknya. Kopinya sebenarnya enggak mahal, yang mahal itu biaya beli sepeda listriknya," ungkapnya.

Sementara untuk target, Yoshua mengatakan tidak memberikan target secara khusus kepada barista atau yang disebut Jagopreneur. Namun ada insentif bagi barista yang mampu menjual kopi dengan jumlah tertentu.

Baca juga: Cerita Tjahjo Kumolo, di DPR Dapat Gaji Rp 267 Juta, Jadi Menteri Rp 20 Juta...

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X