Ada Penjual Masker yang Beri Harga Tidak Wajar, Ini Langkah Bukalapak

Kompas.com - 06/03/2020, 10:46 WIB
Ilustrasi mengenakan masker shutterstockIlustrasi mengenakan masker

JAKARTA, KOMPAS.com – Platform e-commerce Bukalapak merespons tindakan penjual di platformnya yang menawarkan masker dengan harga tak wajar.

Kondisi ini di tengah adanya kepanikan masyarakat akibat menipisnya persediaan masker di berbagai tempat.

Intan Wibisono, Head of Corporate Communications Bukalapak mengatakan sejauh ini aktivitas bisnis jual beli di Bukalapak masih berjalan lancar seperti biasa.

Baca juga: Cari Masker Murah, Harga di Pasar Pramuka Rp 2.500 Per Lembar

 

Namun ia tetap memantau pergerakan harga tidak wajar yang terjadi terutama dalam harga penjualan masker.

“Bukalapak akan menindak pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi demi meraup keuntungan tidak wajar dan menghalangi akses masyarakat untuk mendapatkan alat kesehatan. Pelapak yang dilaporkan para pengguna menaikkan harga barang secara tidak wajar akan segera di-take down,” kata Intan melalui pesan singkat, Jumat (6/3/2020).

Intan menjelaskan dengan melakukan tindakan tersebut, maka konsumen bisa tetap bisa mendapatkan produk masker yang dibutuhkan dengan kisaran harga normal.

Sejauh ini, Bukalapak memang memberikan kebebasan para penjualnya dalam menentukan harga masker, namun laporan yang diterima menunjukkan ketidakwajaran harga yang dijual oleh pelapak.

Sehingga, imbuh Intan, langkah ‘take down’ merupakan hal bijak menyikapi kondisi sentiment virus corona di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dapat mengakses produk kesehatan dengan harga wajar.

Baca juga: Cari Masker Murah, Harga di Pasar Pramuka Rp 2.500 Per Lembar

“Kami juga turut aktif dalam memantau harga masker yang ada di platform Bukalapak. Dalam hal ini, kami memperbolehkan pelapak untuk menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing,” ungkapnya.

Intan juga menyebut, untuk mencukupi kebutuhan konsumen, perusahaan juga bekerja sama dengan produsen penyedia masker untuk memperbanyak penyediaan stok barang di Bukalapak menimbang tingginya kebutuhan dari masyarakat.

Selain di Indonesia, program Bukalapak di luar negeri seperti BukaGlobal juga bekerjasama dengan seller dalam menyediakan masker untuk dapat diakses konsumen di Singapura, Taiwan, Hongkong, Brunei Darussalam dan Malaysia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X