Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temukan Masker dengan Harga Tak Wajar di Tokopedia, Laporkan Saja

Kompas.com - 07/03/2020, 08:00 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyebaran virus corona di sejumlah negara dan telah positif di Indonesia membuat banyak masyarakat panik.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus, masker pun diburu. Akibatnya, harga masker menjadi mahal hingga mencapai level tak wajar lantaran pasokan yang menipis dan tingginya permintaan.

Namun, tak sedikit juga oknum yang memanfaatkan momen ini untuk menimbun atau membeli produk masker secara berlebihan dan diperjualbelikan kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga: Merchant Jual Masker dengan Harga Tak Wajar, Ini Tindakan Tokopedia

External Communication Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, apabila pengguna Tokopedia mendapatkan harga masker dengan harga tinggi, maka dapat langsung melaporkannya.

"Kalau ada siapa pun yang menemukan adanya produk masker apa pun di Tokopedia dengan harga tinggi atau tidak wajar, laporkan saja langsung. Di sana ada fitur 'Laporkan' di setiap halaman produk, sampaikan kepada kami melalui fitur itu," ujar Ekhel saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/3/2020).

Selain itu, pengguna aplikasi yang tidak mengerti atau membutuhkan informasi selengkapnya dapat mengecek informasi di situs resmi Tokopedia, yaitu https://tokopedia.com/discovery/tokopedia-peduli-sehat.

Baca juga: Tokopedia Minta Pelanggan Laporkan Produk Masker yang Dijual dengan Harga Tak Wajar

Ekhel juga menambahkan, Tokopedia akan terus melakukan upaya untuk memastikan berbagai produk kesehatan yang dijual dalam platform.

Kemudian, apabila ada penjual terbukti menjual masker dengan harga yang tinggi, pihaknya akan memberikan sanksi berupa penundaan atau penurunan konten serta tindakan lain yang sesuai dengan prosedur Tokopedia.

Selain itu, imbuh Ekhel, Tokopedia akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com