AP II: Hanya Penerbangan dari dan ke China yang Ditutup di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 07/03/2020, 11:48 WIB
Penerbangan terakhir menuju China melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai China Eastern, Selasa (5/2/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOPenerbangan terakhir menuju China melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai China Eastern, Selasa (5/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan, penangguhan (suspended) penerbangan internasional secara penuh di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini hanya pada rute dari dan ke China.

Penangguhan penerbangan dari dan ke China sudah dimulai sejak 5 Februari 2020, sejalan dengan larangan penerbangan pemerintah, hingga waktu yang belum ditentukan.

Ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona ke Tanah Air.

Baca juga: 50.000 Penerbangan Dibatalkan dari dan ke China, Maskapai Rugi Besar

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan rute internasional lainnya di Bandara Soekarno-Hatta tetap dioperasikan, baik oleh maskapai nasional maupun asing.

Pemerintah sebelumnya memutuskan untuk melarang kedatangan wisatawan dari beberapa kota di Korea Selatan, Italia, dan Iran.

Kendati demikian, penerbangan ke rute-rute tersebut masih beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

“Penerbangan dari Jakarta ke Seoul dan sebaliknya masih dioperasikan di Soekarno-Hatta,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Pemerintah Masih Perbolehkan Penerbangan dari dan ke Korea Selatan

Lebih lanjut, Awaluddin menegaskan, pihaknya akan melarang masuk wisatawan yang berasal dari daftar kota dilarang pemerintah.

“Bagi traveler yang tidak ke dua wilayah itu harus memiliki surat keterangan sehat yang valid serta dikeluarkan otoritas kesehatan di Korsel untuk bisa masuk atau transit di Indonesia,” tuturnya.

Awaluddin menjelaskan, penerbangan Jakarta-Seoul dan sebaliknya saat ini dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Asiana Airlines di Bandara Soekarno-Hatta.

Garuda Indonesia melayani penerbangan rute Jakarta-Seoul setiap hari, sementara itu Asiana Airlines menjadi 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Kemenhub Belum Larang Penerbangan ke Korsel Terkait Virus Corona

Sebelumnya, Korean Airlines juga melayani rute Jakarta-Seoul, namun mulai bulan ini ditangguhkan sementara oleh maskapai tersebut sebagai dampak dari COVID-19.

Adapun bandara-bandara PT Angkasa Pura II saat ini belum melayani penerbangan langsung ke Italia dan Iran.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X