Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Potensi KPR, BTN Buka Kantor Wilayah di Bekasi

Kompas.com - 07/03/2020, 14:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meresmikan gedung baru Kantor Wilayah I Bekasi.

Dengan memaksimalkan penggarapan peluang bisnis tersebut, perseroan optimistis mampu mencapai target bisnis pada 2020.

Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan tahun ini perseroan memasang strategi mengincar sentra-sentra ekonomi baru yang berkembang seiring peningkatan infrastruktur.

 

Baca juga: Dongkrak Dana Nasabah, BTN Relokasi Kantor Cabang Jakarta Kuningan

Perseroan juga mengincar wilayah dengan bonus demografi karena akan mendorong pertumbuhan kelas menengah dan menengah ke atas.

Pahala menilai seiring berkembangnya ibu kota, kota satelit di sekitarnya pun turut mengalami kemajuan. Apalagi, pembangunan infrastruktur yang mempermudah akses ke pusat bisnis di Jakarta juga turut mendukung kemajuan di kota-kota satelit tersebut.

“Kota-kota satelit Jakarta yang masuk dalam Provinsi Jabar ini memiliki potensi ekonomi besar. Melalui peresmian Kanwil (Kantor Wilayah) 1 ini, kami harapkan dapat memaksimalkan penggarapan berbagai peluang bisnis tersebut,” jelas Pahala dalam keterangannya, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Pangkas Kredit Bermasalah, BTN Siap Tempuh Jalur Hukum

Menurut Pahala, ketika infrastruktur dibangun di suatu wilayah, perumahan menjadi sektor yang umumnya tumbuh pesat. Apalagi, adanya bonus demografi bakal mendorong permintaan akan hunian di wilayah tersebut.

Selain itu, di kota satelit seperti Bekasi dan Cikarang misalnya, juga merupakan kantong-kantong industri yang menjadi sasaran produk baru BTN Solusi. Produk anyar tersebut menawarkan bunga murah untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) jika payroll dibayar lewat BTN.

“Kami melihat ada peluang dana dan KPR serta berbagai kredit lain untuk digarap di wilayah tersebut. Dengan peluang ini, kami meyakini akan mampu mencapai target pertumbuhan kredit pada tahun ini di level 10 persen,” tutur Pahala.

Baca juga: BTN Raup Potensi Kredit Rp 4,56 Triliun lewat Pameran Properti

Hingga Januari 2020, Kanwil 1 BTN Bekasi yang membawahi 185 outlet tersebut mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 6,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 72,66 triliun dari Rp 68,35 triliun pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

Kanwil 1 BTN Bekasi menaungi beberapa kota satelit seperti Bekasi, Depok, Bogor, Cibubur, Cibinong, dan Cikarang. Wilayah lain yang juga tercakup dalam kanwil tersebut yakni Bandung, Cirebon, Purwakarta, Karawang, Tasikmalaya, Cimahi, Harapan Indah, Bandung Timur, dan Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com