Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Tegaskan BUMN Tak Kirim Masker ke China

Kompas.com - 07/03/2020, 15:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan tidak menerima permintaan untuk ekspor masker ke China.

Sebelumnya, perusahaan Sunning Group dari China yang juga merupakan pemilik klub sepak bola Inter Milan memang secara langsung meminta kepada Erick terkait pasokan masker. Ini sejalan dengan pencegahan penyebaran virus corona.

Adapun pasokan masker yang diminta oleh Sunning Group mencapai 2 juta lembar. Namun, Erick menolaknya.

Baca juga: Erick Thohir akan Kirim 2 Juta Masker untuk Bos Inter Milan?

"Tidak mungkin memenuhi permintaan tersebut," kata Erick dalam pernyataannya yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/3/2020).

Erick menyatakan, langkah yang diambilnya sudah sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Kepala Negara menegaskan BUMN farmasi harus memenuhi permintaan masker di dalam negeri.

BUMN farmasi yang memproduksi masker antara lain PT Kimia Farma dan RNI. Akan tetapi, kata Erick, Kementerian BUMN tidak pernah mengeluarkan perintah ekspor kepada RNI.

Baca juga: Erick Thohir Minta Swasta Bantu Pemerintah Tanggulangi Virus Corona

Sebelumnya, Erick pernah mengaku ditelepon pemilik Sunning Group terkait ketersediaan masker di Indonesia. Sebab, saat ini di China masker sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Hari ini saya ditelepon sama pemilik Suning, (dia) mau beli 2 juta masker (dari Indonesia),” ujar Erick di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com