Dampak Virus Corona, Samsung Pindahkan Produksi Ponsel ke Vietnam

Kompas.com - 07/03/2020, 16:34 WIB
Samsung S20 terlihat saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSamsung S20 terlihat saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret.

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa elektronik Korea Selatan Samsung Electronics menyatakan bakal memindahkan sebagian produksi ponsel dari Korsel ke Vietnam.

Ini dilakukan setelah salah satu pekerja terkonfirmasi positif tertular virus corona. Namun, pemindahan produksi ini hanya untuk sementara waktu.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (7/3/2020), juru bicara Samsung menyatakan telah menghentikan operasi pabrik yang berlokasi di Gumi, Korea Selatan setelah seorang pekerja positif tertular virus corona.

Baca juga: Samsung Tingkatkan Investasi di Pabrik Chip

Pabrik tersebut memproduksi ponsel Samsung S20 dan ponsel lipat Samsung Z Flip.

Sejak akhir Februari 2020 lalu, total enam orang pekerja telah positif tertular virus corona di kompleks pabrik di Gumi. Kota tersebut dekat dengan Daegu, kota yang menjadi pusat penyebaran virus corona di Korsel.

Akibatnya, pabrik tersebut untuk sementara waktu ditutup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Langkah untuk memindahkan produksi sebagian ponsel premium ke Vietnam dimaksudkan untuk tetap memasok produk kepada konsumen secara lebih efektif, stabil, dan tepat waktu," kata pihak Samsung dalam pernyataannya.

Baca juga: Laba Samsung Anjlok 56 Persen pada Kuartal III 2019

Adapun ketika situasi terkait virus corona sudah stabil, imbuh pihak Samsung, maka produksi akan dikembalikan ke pabrik di Gumi.

Dalam satu dekade terakhir, Samsung telah banyak memindahkan produksi ponsel ke Vietnam. Negara itu memproduksi 50 persen ponsel Samsung dan hingga saat ini belum ada gangguan yang berarti.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X