Kompas.com - 08/03/2020, 17:25 WIB
Pintu masuk Stasiun MRT Bendungan Hilir yang berada di depan Intiland Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAPintu masuk Stasiun MRT Bendungan Hilir yang berada di depan Intiland Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan desain pembangunan jalur MRT Jakarta fase III, yaitu rute Kalideres-Ujung Menteng dapat diselesaikan pada tahun ini untuk kemudian pencanangannya dapat dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

"Jalur MRT Timur-Barat saat ini sedang dipersiapkan, desainnya bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ujar Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin seperti dikutip dari Kontan.co.id, Sabtu (7/3/2020).

Desain Timur-Barat akan selesai tahun ini untuk dimulai pencanangannya di tahun 2021," tambahnya.

Rute Kalideres-Ujung Menteng ini, merupakan bagian dari koridor Timur-Barat yang terbentang dari Balaraja hingga Cikarang.

Rute ini sendiri, masih berada di dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta, sedangkan rute Balaraja-Cikarang merupakan rute perpanjangan ke luar Provinsi DKI Jakarta, yaitu ke arah Provinsi Banten (Balaraja) dan ke Provinsi Jawa Barat (Cikarang).

Baca juga: Cegah Corona, Penumpang Gejala Demam Tinggi Dilarang Masuk Stasiun MRT

Adapun panjang rute Kalideres-Ujung Menteng adalah 31,7 km, sedangkan rute Balaraja-Cikarang memiliki total panjang lintasan sekitar 87 km.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada pembangunan tahap awal, PT MRT Jakarta akan fokus pada rute di dalam kota terlebih dahulu.

Menurut Kamal, biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur fase III diperkirakan mencapai di atas Rp 50 triliun.

Namun demikian, anggaran pastinya baru bisa diketahui setelah desain jalur diselesaikan oleh Kemenhub.

Kamal mengungkapkan, pendanaan untuk pembangunan jalur ini diupayakan dari berbagai opsi. Artinya, tak menutup kemungkinan nantinya sumber pendanaan ini juga berasal dari pinjaman ataupun obligasi.

Baca juga: Kapan Jatim Punya MRT dan LRT? Khofifah: Tidak Lama Lagi!

"Pendanaannya sedang diupayakan dari berbagai opsi, termasuk dari pinjaman untied loan dengan penjajakan ke beberapa lembaga keuangan internasional, serta alternatif pendanaan lainnya seperti obligasi," kata Kamal.

(Rahma Anjaeni | Noverius Laoli)

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul: "MRT targetkan pembangunan jalur fase III bisa dimulai tahun depan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.