Kompas.com - 08/03/2020, 20:30 WIB
Frogs 282 Drone Taxi Pertama di Indonesia Uji Terbang di Lanud Gading, Playen, Gunungkidul Sabtu (7/3/2020) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOFrogs 282 Drone Taxi Pertama di Indonesia Uji Terbang di Lanud Gading, Playen, Gunungkidul Sabtu (7/3/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan membuat aturan soal penggunaan drone berpenumpang atau taxi drone. Sebab, saat ini aturan soal penggunaan drone baru sebatas untuk foto udara, research, pengambilan video dan kepentingan pertanian.

“Benar, kami sedang mengembangkan regulasinya,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto kepada Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Novie menambahkan, nantinya aturan tersebut akan mengacu pada ketentuan penerbangan internasional. Sebab, taxi drone beroperasi di ruang udara seperti pesawat terbang.

Baca juga: Kemenhub Belum Punya Aturan Soal Taxi Drone

“(Aturannya) tentu saja sejalan dengan ICAO, sebagai induk regulator internasional. Kita harus fully comply,” kata Novie.

Sebelumnya, Drone berpenumpang yang diklaim pertama di Indonesia buatan start up dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Frogs Indonesia, diuji coba di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020).

Co Founder Frogs Indonesia Asro Nasiri mengatakan, taxi drone ini merupakan generasi kedua dari drone sebelumnya.

Drone ini mampu mengangkut dua orang dengan berat 200 kilogram.

"Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua," kata Asro saat ditemui di Lanud Gading, Sabtu.

Baca juga: Membandingkan Upah Minimum Pekerja Swasta Vs Gaji PNS



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X